Pengembangan Perilaku Prososial Melalui Aktivitas Permainan Tradisional (Studi Kasus)

Sheirta Anggraini N, Ari Sofia, Diah Utaminingsih

Abstract


The problem in this study was "whether traditional games can develop children prosocial behavior". This study aimed to develop prosocial behavior with traditional games for student in Group B at Tunas Melati II Kindegarten Sub district of Natar, South Lampung Regency. The research method was used eksperiment with treatment by subject designs (one group eksperiment). The population was 105 children. Sample research were 10 children with purposive sampling technique. Data were collected by observation. The data was analysed by wilcoxon test, the results was Zhitung
-2.823 <Ztable 0.005, so Ha
was accepted and Ho was rejected. From hypothesis testing can be concluded that there is improvement in posocial behaviour through tradisional game for student in Group B in at Tunas Melati II Kindegarten Sub district of Natar, South Lampung Regency.

Masalah penelitian ini adalah apakah aktivitas permainan tradisional dapat mengembangkan perilaku prososial anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perilaku prososial dengan menggunakan aktivitas permainan tradisional pada anak kelompok B di TK Tunas Melati II Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain treatment by subject designs (one group eksperiment). Populasi penelitiannya berjumlah 105 anak. Sampel penelitiannya berjumlah 10 anak dengan pengambilan sampel menggunakan porposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian yang diperoleh Zhitung -2.823< Ztable 0,005, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dari pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengembangan perilaku prososial melalui aktivitas permainan tradisional pada anak kelompok B di TK Tunas Melati II Kecataman Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Kata kunci : anak usia dini, perilaku prososial, permainan tradisional.

References


Andriani, T. 2012. Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakteristik Anak Usia Dini. Jurnal. [Online]. Tersedia di https://media.neliti.com/media/publications/40427-ID-permainan-tradisional-dalam-membentuk-karakter-anak-usia-dini.pdf. [diakses 5 November 2017].

Clark, S. S et. Al. 2013. Music Preferences and Empathy Toward Predicting Prosocial. Jurnal of International Bibliography of the Social Sciences. [diakses 27 Juli 2017].

Elyana. R. 2016. Pengaruh Penggunaan Metode Bermain Peran Makro Terhadap Perilaku Prososial Anak. Jurnal Pendidikan Anak.(Online). Tersedia di jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JIP. [diakases 25 Juli 2017].

Hammond, I.S. 2015. Prosocial Behavior during Childhood and Cultural Variations.https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.23182-6.

Isjoni. 2011. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Kurniati, E. 2011. Program Bimbingan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lanigan, J. 2014. Physical Activity for Young Children: A Quantitative Study of Child Care Providers Knowledge, Attittudes, and Health Promotion Practices, Vol. 42Issue 1. P11 [Online].Tersedia di. https://www.deepdyye.com/lp/springer-journal/physical-activity-for-young-children-a-quantitative-study-of-child-8c2y0emYhJ. [diakses 2 November 2017]

Mutiah, D. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nur. H. 2013. Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Karakter FP Universitas Negeri Makasar. [Online]. Tersedia di https://media.neliti.com/media/publications/40427-ID-permainan-tradisional-dalam-membentuk-karakter-anak-usia-dini.pdf. [diakses pada 1 November 2017].

Over, H. 2017. The influence of group membership on young children's prosocial behavior, 20, (17-20). https://doi.org/10.1016/j.copsyc.2017.08.005.

Papalia, D.E. 2009. Human Development, edisi 10.Jakarta: Salemba Humanika.

Serly. 2014. Studi Tentang Perilaku Prososial dan Penanganan Konselor terhadap Perilaku Unsosial Pada Anak Usia Dini di TK Islam Surabaya. Jurnal BK Unesa.[Online]. Tersedia di http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bkunesa/article/view/4452. [diakses 12 Juli 2017].

Susanti. 2013. Studi Kasus pada Anak Prasekolah. Jurnal Undip [Online]. Tersedia di http://ejournal-s1.undip.ac.id.index.php/empati/article/view/7433. [diakses 1 November 2017].

Ramli. 2005. Pendampingan Perkembangan Anak Usia DIni. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Triardhila, W. K. N. 2013. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Peningkatan Perilaku Prososial Anak TK A Lab. UM Kota Blitar. Jurnal Ilmiah PG PAUD Universitas Negeri Malang.[Online]. Tersedia di http://jurnal-online.um.ac.id/article/do/detail-article/1/40/685. [diakses pada tanggal 13 Juli 2017].

Ulya, H. 2010. Pengaruh Sosiodrama Terhadap Kecerdasan Emosi Anak Usia Prasekolah di TK ABA Pringwulung Desok Sleman. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Anak