Gaya Pengasuhan Orang Tua pada Anak usia Dini

Ariyanti Novelia Candra, Ari Sofia

Abstract


The problem of this research was that there were many parents who applied less limitations and rules to their children. This study aimed to determine the parenting style of early childhood in Purbolinggo Lampung Timur district. This research quantitative descriptive research type. Population was 1.148 people. The sampling technique was used cluster rendom sampling sampled were 166 parents from 3 selected vilages out of 12 villages. Data were analyzed by using formula precentage. The research results showed that 87 respondents who had educational backgrounds from ungraduated elementary school, graduate from elementary school, junior high school and senior high school, used permissive parenting. 68 respondents who had educational backgrounds from senior high school, diploma III, undergraduate and postgraduate used authoritative parenting style. 11 respondents who had educational backgrounds from ungraduated elemtary school, graduated from elementary school and junior high school used authoritarian parenting.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak orang tua yang kurang memberikan batasan dan aturan kepada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya pengasuhan orang tua pada anak usia 4-6 tahun di Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analisis deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1.148 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dari 12 desa terpilih 3 desa dengan jumlah orang tua sebanyak 166 orang tua yang dijadikan sampel. Analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil Penelitian menunjukan bahwa orang tua yang menggunakan gaya pengasuhan permisif sebanyak 87 orang dengan latar belakang pendidikan tidak tamat SD, SD, SMP dan SMA, orang tua yang menggunakan gaya pengasuhan demokratis sebanyak 68 orang dengan latar belakang pendidikan menengah SMA dan D3, S1, S2 dan orang tua yang menggunakan gaya pengasuhan otoriter sebanyak 11 orang lakang belakang pendidikan tidak tamat SD,SD dan SMP.

Kata Kunci: anak usia dini, gaya pengasuhan, orang tua

 

 


References


Betsy, D. 2013. Pola Asuh Anak Pada Keluarga Mangat Baru Kecamatan Dadi Kabupaten Sintang. Tersedia di http://jurnal.untan.ac.id..3993/2/10/2017. [diakses pada 15 November 2017].

Depkes. Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia 2016. Tersedia di http://www.depkes.go.id. [diakses pada 20 November 2017].

Hurlock, E B. 2003. Psikologi Perkembangan. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Kordi, A & Baharudin R. 2010. Parenting Attitude and Style and Its Effect on Childrens School Achievements. Tersedia di https://ccsnet.org. [diakses pada 20 November 2017].

Lidyasari, A T. 2013. Pola Asuh Otoritatif Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak dalam Setting Keluarga. Tersedia di Http://staff.new.uny.ac.id>upload>penelitian. [diakses pada 2 Desember 2017].

Lokoyi, O. L. O. 2015. Parenting Styles as Correlates of Aggressive Behaviour AmongIn-School Adolescent with Mild Intellectual Disability. Tersedia di http://article.sciencepublishinggroup.com/html/10.11648.j.pbs.20150403.12.html. [diakses pada 20 November 2017].

Papalia, D. E, Sally O & Ruth, F. 2009. Human Development. Jakarta: Salemba Humanika.

Pertiwi, S. (2014). Journal of Non Formal Education and Community Empowerment. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc. [diakses pada 20 November 2017].

Puspitawati, H. 2013. Gender dan Kluarga Konsep dan Realita di Indonesia. Bogor: IPB Press.

Rahma, P L & Yusuf, A. 2015. Jurnal Gambaran Pola Asuh Orang Tua pada Masyarakat Pesisir Pantai. Tersedia di http://jurnal.usu.ac.id. [diakses pada 20 November 2017].

Santrock, J W. 2013. Life-Span Development Fourteenth. McGraw-Hill. New York: Companies Edition Americas.

Susanti, E. 2016. Korelasi Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Pola Asuh terhadap Kemandirian Anak dalam Keluarga. Tersedia di http://eprints.uny.ac.id/45692/2017/04/15. [diakses pada 29 November 2017].

Tridhonanto, A. 2014. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: Gramedia.

Thomson, P & Jaque, S V. 2017. Attachment, parenting, and childhood adversity. Tersedia di https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780128040515000111. [diakses pada 29 November 2017].

Vasilyeva, E N & Shcherbakov, A V (2016). Parental Roles and Types of Parentings as Determinants of a Preschooler's Emotional and Personal Well-being. Tersedia di https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.172. [diakses pada 29 November 2017].

Wiyani, N A. 2016. Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Zazimah. 2015. Pengaruh Pola Asuh Otoriter terhadap Tingkat Agresivitas anak usia 4-6 Tahun di RA Insan Harapan, Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul. tersedia di http://lib.unnes.ac.id/22612/11601411035-s.pdf. [diakses pada 04 desember 2017].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Anak