Peningkatan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita

Desi Rahmawati, Riswandi Riswandi, Maman Surahman

Abstract


The problem in this study was children low speaking skills ability age 5-6 years old. This study aimed to determine the effect of storytelling methods toward children speaking skills. The research method was used experimental method with Treatment subject design (one group experiment). The population were 98 children. Sample were 34 children with cluster random sampling technique. Data were colected by observation and documentation. The data analysis technique was used simple t-test test and linear regression test. From the hypothesis testing it can be concluded that there was a significant influences of applying storytelling methods toward children speaking skills development age 5-6 years old in TK Dharma Wanita Persatuan Palas Academic.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara pada anak usia 5-6 Tahun. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap keterampilan berbicara anak .Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Treatment by subject design (one group experiment). Jumlah populasi penelitian berjumlah 98 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling dan jumlah sampel penelitian berjumlah 34 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisisis data yang digunakan yaitu uji t-test dan uji regresi linear sederhana. Dari pengujian hipotesis dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara metode bercerita terhadap keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan Palas.

Kata Kunci : anak usia dini, metode bercerita, keterampilan berbicara


References


Budiningsih, A. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaves. 2014. Storytelling as a Method of Gathering Perceptions and Experiences in Human-Centered Design - The Relation between Children and Their Eyeglasses. American International Journal of Contemporary Research, 4(8), 40-44. Tersedia di http://www.aijcrnet.com/journals/Vol_4_No_8_August_2014/5.pdf. [diakses pada 7 November 2017].

Goodchild, B. 2017. Storytelling as Oral History: Revialing the Changing Experience of Home Heating in England. Energy Research and Social Science, 31(1), 137-144. https://doi.org/10.1016/j.erss.2017.06.009.

Haenilah, E. Y. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Media Akademi.

Kurnia, R. 2009. Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Marini, K. 2015. Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak Kelompok B3. E-Jurnal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 13-19. Tersedia di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/623. [diakses pada 5 November 2017].

Nicolopoulou, A. 2015. Using a narrative and paly based activity to promote low income preschoolers aoral language, emergent literacy and social competence. Early Chhildhood Research Quarterly, 30(2), 147-162. http://dx.doi.org/10.1016/j.ecresq.2015.01.006.

Otto, B. 2015. Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 137 tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Prihanjani, N. L. 2016. Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6. E-Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(3), 5-9. Tersedia di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/8822. [diakses pada 5 November 2017].

Rachmawati, dkk. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Rumilasari, S. 2016. Pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Kelompok A. E-Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2), 2-11. Tersedia di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/viewFile/7704/5255. [diakses pada 2 November 2017].

Samantaray, P. 2014. Use of Story Telling Method to Develop Spoken English Skill. International Journal of Language and Linguistics, 1( 1), 40-44. Tersedia di http://ijllnet.com/journals/Vol_1_No_1_June_2014/5. pdf. [diakses pada 2 November 2017].

Tarigan, H. G. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Wahyuni, N. K. 2014. Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Kelompok B. E- Jurnal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 36-45. Tersedia di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/3048. [diakses pada 5 November 2017].

Widianti. 2015. Penerapan Metode Bercerita dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak. E- Jurnal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 23-31. Tersedia di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/6010. [diakses pada 5 November 2017].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Anak