Model Inkuiri Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna

Utari Gheana Putri, Een Yayah Haenillah, Sasmiati Sasmiati

Abstract


Type of the study was pre-experimental research. The population and sample of this study consisted of 30 children aged 4-5 years. The sampling technique was done using saturated sampling. The data collecting technique was carried out through observation. While the data werr analyzed using simple linear regression test. The result of simple linear regression test showed that there was an influence of inquiry model on the ability to recognize color for children aged 4-5 years at Kindergarten Muslimin Bukit Ke. This study cired to determine the effect of inquiry model toward children the ability to recognize color. The muning with coefficient 2.52.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terhadap kemampuan mengenal warna. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pre-experimental. Populasi dan sampel penelitian ini berjumlah 30 anak usia 4-5 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukan bahwa ada pengaruh model inkuiri terhadap kemampuan mengenal warna anak usia 4-5 tahun di TK Muslimin Bukit Kemuning dengan koefisien sebesar 2,52.

Kata kunci: inkuiri, warna, anak usia dini


Full Text:

PDF

References


Aguswara.2014. Pengaruh Bermain percampuran warna Pada Anak Kelompok A Di TK Tulus Sejati. (Jurnal Penelitian). Tersedia: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/7959 diakses pada tanggal 28 September 2016.

Aunio.2008. Childrens Early Numeracy In England, Finland And Peoples Republic Of China. International Journal of Early Years Education, Vol.16 (No.3). Tersedia di: http://wrap.warwick.ac.uk/146/. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2016.

Clements.2015. Efforts To Epitomize Teaching and Learning Activities. Journal Naeyc.(Online). Volume 2, No 6 Tersedia di Journal Developmental Neuropsychology, 26: 385-40. Diakses Pada Tanggal 4 Oktober 2016.

David H.V. Manipulatives as symbols: A new perspective on the use of concrete objects to teach mathematics. [online], vol. 18, issue 1. Developmental Psychology. http://www.sciencedirect.com. Diakses 25 September 2016.

Iif, AK. 2011. Strategi Pembelajran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Lestari, K.W. 2011. Konsep Mengenal Warna. Jakarta: Kencana.

Liya.2014. Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Bermain Remi Tematik Pada Anak. (Jurnal Penelitian). Tersedia: http://scholar.google.co.id.

Diakses 22 September 2016.

Moonomen.2010. A Review of Early Numeracy Interventions for Children at Risk in Mathematics. Tersedia: http://www.intjecse.net/assets/upload/pdf/20150930191208_intjecse.pdf

Diakses 25 September 2016.

Montolalu. 2008. Materi Pokok Bermain Dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas terbuka.

Suhana.C.2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Revika Aditama.

Sujiono,Y.N. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

__________. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Anak. Jakarta: PT Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.