Bermain Simbolik Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak

Rika Risanti, Lilik Sabdaningtyas, Ari Sofia

Abstract


Abstrak : Symbolic Play Increasing Children Ability to Count. The Problem in this research was children low ability to count at Tunas Harapan Kindergarten Sidowaras. The purpose of this study was to determine the correlation between symbolic play and ability to count. This study was used quantitative research and research method was correlational. The population of this study was all children Tunas Harapan kindergarten. The samples were 30 children that consisted of 18 boys and 12 girls. Sampling technique was purposive sampling. Data was collected by observation and documentation. Data was analyzed by using product moment correlation. The result of this study showed that there was a significant of correlation between symbolic play and ability to count with a coefficient r of 0.52.

Abstrak: Hubungan Bermain Simbolik dengan Kemampuan Berhitung Anak. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berhitung anak pada TK Tunas Harapan Sidowaras. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bermain simbolik dengan kemampuan berhitung anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dan metode penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK Tunas Harapan Sidowaras. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok B berjumlah 18 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara bermain simbolik dengan kemampuan berhitung dengan koefesien r sebesar 0.52.

Kata Kunci: anak usia dini, bermain simbolik, kemampuan berhitung


References


DAFTAR RUJUKAN

Astuti, P. 2012. Peningkatan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Kereta Bernomor Pada Anak Kelompok B di TK Trisusila Perwari Semangkak Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tersedia di http://eprints.ums.ac.id/21460/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf. diakses pada 15-10-2017

Cahyaningrum, A. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Balok pada Anak Kelompok B di TK Guworejo 2 Karang Malang Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tersedia di http://eprints.ums.ac.id/28007/19/02_JURNAL_PUBLIKASI.pdf. diakses pada 15-10-2017

Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Hartini. 2012.Jurnal Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Golf Buah di TK Pembina Pasman Barat. Jurnal Pesona Paud. Tersedia di http://download.portalgaruda.org/article.php?article=100851&val=1492. diakses pada 04-10-2017

Koerstiowati,Y. (2015). jurnal meningkatkan kemampuan berhitung 1-20 menggunakan permainan monopoli ada anak kelompok B TK Dharma Wanita Kunjang Kec. Nganvcar Kanupaten Kedir.Kediri. tersedia di http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/download/1586/1369/2017/01/25

Kurniawati, R. 2014.Jurnal kemampuan berhitung anak dengan menggunakan permainan ular tangga di TK Yunior Surabaya.Universitas Negeri Surabaya. Tersedia di http://ejournal.unesa.ac.id/article/14188/19/article.pdf. diakses pada 25-01-2017

Irawati, R M. 2011. Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Memancing Angka di Taman Kanak-kanan Sangrina Bunda Pasar Tiku. Jurnal Pesona Paud. Tersedia di http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/viewFile/1658/1427%20diakses%2010%20November%202016. diakses pada 15-10-2017

Latif, M. dkk.2013.Pendidikan Anak Usia Dini teori dan aplikasi. Jakarta: Kencana Predana Media Group

Patmonodewo. S. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Pusat Perbukuan: Jakarta

Maiyuli, A. 2013. Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Domino di TK Negeri Pembina Agam. Tersedia di http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/viewFile/1580/1364. diakses pada 15-10-2017

Marfuah. 2015. Meningkatkan Kemampuan Berhitung 1-10 Melalui Permainan Ikan pada Kelompok A TK Dharma Wanita Desa Purworejo Kecamatan Danomuyo Kabupaten Malang. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Tersedia di http://kuisioner.lp2m.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2015/11.1.01.11.0390.pdf. diakses pada 15-10-2017

Montolalu. 2008. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Nurani, Y. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks

Nurmaini. 2013. Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan

Dadu Angka di TK Dharmawanita Agam. Universitas Negeri Padang. Tersedia di http://download.portalgaruda.org/article.php?article=100816&val=1492. Diakses pada 15-10-2017

Passolunghi, M. C.(2015). Journal of Early numerical abilities and cognitive skills in kindergarten children. Tersedia di Journal of Experimental Child Psychology 135 (2015) 2542. Diakses pada 10-09-2017

Patmonodewo, S. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Pusat Perbukuan

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 tahun 2005Tentang

Standar Nasional Pendidikan. Jakarta : Depdiknas

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 137 tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Anak usia dini. Jakarta: Depdiknas

Suharsimi, A. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Susanto,A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Perdana Media Group

Triharso, A. 2013. Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Andi

Upton, P. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.