Pemahaman Guru PAUD terhadap Pembelajaran Matematika Permulaan Anak Usia Dini

Aminah Zafirah, Lilik Sabdaningtyas, Riswandi Riswandi

Abstract


The problem of this research was low understanding of early childhood teachers toward early mathematics learning. The objective of this research was to describe teacher level understanding about early mathematics learning. The research method was used quantitative descriptive design. The population were 116 teachers. The sampling was technique used cluster random sampling and the sampel were 17 teachers. The data was collected by tests. The research instruments were used tests and documents. The data was analyzed by quantitative descriptive analysis. The research showed that most of the teachers have comprehend about the concepts, planning procedure, implementation procedure, and also the evaluation assessment of early mathematics learning.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih kurangnya pemahaman guru PAUD terhadap pembelajaran matematika permulaan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman guru tentang pembelajaran matematika permulaan anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi penelitian berjumlah 116 guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan jumlah sampel penelitian berjumlah 17 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru telah memahami konsep matematika permulaan, pemahaman guru tentang perencanaan pembelajaran matematika permulaan, pemahaman guru tentang pelaksanaan pembelajaran matematika permulaan dan pemahaman guru tentang evaluasi pembelajaran matematika permulaan.

Kata Kunci: pembelajaran matematika permulaan, guru pendidikan anak usia dini


References


Alkornia, S. 2016. Studi Deskriptif Kompetensi Pedagogik dan Profesionalisme Guru PAUD Dharma Wanita Binaan SKB Situbondo. Pancaran. Vol. 5, no. 4, hal. 143-158. [Diakses pada 16 Oktober 2017]

Clements. 2001. Training Effects on The Development and Generalization of Piagetian Logical Operations and Knowledge Of Number. Journal of Educational Psychology. Vol. 76, no. 5, hal. 229-239. [Diakses pada 18 Oktober 2017]

Farwan, R. 2015. Pemahaman Guru PAUD terhadap Kompetensi Pedagogik. Jurnal UNTAN. Vol.4, no. 6, hal. 1-17. [Diakses pada 16 Oktober 2017]

Fatmawati, N. 2014. Peningkatan Kemampuan Berhitung melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol. 8, no. 2, hal. 315-326. [Diakses pada 18 Oktober 2017]

Fitria, A. 2013. Mengenalkan dan Membelajarkan Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Studi Gender dan Anak. Vol. 1, no. 2, hal. 45-55. [Diakses pada 26 September 2017]

Fitriana. A. 2013. Upaya Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul. e-Journal Universitas Negeri Yogyakarta. Vol. II, no. 5, hal 1-11. [Diakses pada 18 Oktober 2017]

Giti, C. 2015. Pemahaman Guru PAUD Tentang Alat Permainan Edukatif (Ape) dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol. 1, no. 4. [Diakses pada 18 Oktober 2017]

Haenilah, E. Y. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Media Akademi.

Jamiah, Y. 2012. Internalisasi Nilai-nilai Berpikir Kritis melalui Pengembangan Model Pembelajaran Konsep Matematika Kreatif pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 19, no. 2. [Diakses pada 18 Oktober 2017]

Mariyana, R. (2007). Pengembangan Program Pembelajaran Berbasis Bimbingan di Taman Kanak-Kanak. Universitas Pendidikan Indonesia. [Diakses pada 18 Oktober 2017]

Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan di Taman Kanak-Kanak. 2007. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 146. 2014. Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Sari, A. 2015. Pemahaman Guru PAUD dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 1, no. 6. [Diakses pada 18 Oktober 2017]

Sari, R. P. 2013. Kegiatan Bermain Matematika. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol. 7, no. 2, hal. 263-275. [Diakses pada 18 Oktober 2017]

Sujiono, Y. N. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. INDEKS. Triharso, A. 2013. Permainan Kreatif & Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Wahyuni, N. L. 2013. Kompetensi Pedagogik Guru di Taman Kanak-Kanak Labschool Unesa. E-Jounal UNESA. Vol. 1, no. 2. [Diakses tanggal 26 September 2017]

Williams. S. P. 2008. Independent Review of Mathematics Teaching in Early Years Settings and Primary Schools. (Online). Tersedia di http://dera.ioe.ac.uk/8365/7/Williams%20Mathematics_Redacted.pdf [Diakses 11 Oktober 2017]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.