Pengenalan Lambang Bilangan Anak Usia Dini Melalui Permainan Engklek

Nur Bella Rizki, M. Thoha Sampurna Jaya, Maman Surahman

Abstract


The problem was low level of children development in knowing the symbol of numbers. This research aimed to find out the influences of engklek game toward children symbol of number development in group B Tunas Melati II kindergarten at Sub Natar South Lampung Regency. Research methods was pre-experimental with one group pretest-posttest. Sample research were 20 children with probability sampling technique. Data were collected by observation and documentation. Data was analyzed by using simple linear regression. The results showed that engklek games has an influences toward children symbol of number development.

Masalah Penelitian adalah rendahnya perkembangan mengenal lambang bilangan pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas permainan engklek terhadap perkembangan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok B di TK Tunas Melati II Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Metode penelitian ini bersifat Pre-Eksperimental menggunakan jenis One Grup Pretest-Posttest. Sampel penelitian berjumlah 20 anak dengan pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh aktivitas permainan terhadap perkembangan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok B.

Kata Kunci: anak usia dini, lambang bilangan, permainan engklek.


References


Amalia, M. 2016. Pengaruh Aktivitas Bermain Jump Numbers Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Ramadhan Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Lampung. Tersedia di http://digilib.unila.ac.id/24433/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf

Anisa, C. P. 2016. Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Bhinneka Karya Tunggulsari dan TK Islam Bakti VIII Wonorejo. Universitas Muhammadiah Surakarta. Tersedia di http://eprints.ums.ac.id/45214/16/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf

Dian, A. 2016. Penerapan Permainan Tradisional Engklek Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B RA Al-Hidayah Sidoarjo. Universitas Negeri Surabaya. Tersedia di http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/814

Dirman & Cicih, J. 2014. Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Hapsari, I. I. 2016. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: PT Indeks.

Heni, O. 2016. Permainan Kartu Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan dan Huruf Anak. Universitas Lampung. Tersedia di http://download.portalgaruda.org/article.php?article=372786&val=1555&title=PERMAINAN%20KARTU%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20KEMAMPUAN%20MENGENAL%20LAMBANG%20BILANGAN%20DAN%20HURUF%20ANAK

Isjoni. 2011. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Lanigan, J. 2014. Physical Activity for Young Children: A Quantitative Study of Child Care Providers Knowledge, Attitudes, and Health Promotion Practices, Vol. 42 Issue 1. P11 (Online). Tersedia di https://www.deepdyye.com/lp/springer-journals/physical-activity-for-young-children-a-quantitative-study-of-child-8c2y0emYhJ.

Masitoh, dkk. 2005. Pendekatan Belajar Aktif Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Montolalu B.E.F, dkk. 2005. Bermain dan Permainan anak. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 137 Tahun 2014. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. 2014. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Saibani, D. 2016. Pedoman Penyelenggaraan PAUD. Jakarta: Bee Medika Pustaka.

Seefeldt, C. & Wasik, B.A. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Sujiono, Y. N. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Anak