Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek

Wiwik Windasari, Ari Sofia, Maman Surahman

Abstract


The research problem was children low creativity in Al-Fajar Kindergarten Labuhan Ratu Lampung Timur. Factors that causes low creativity was the lack of opportunities for children to engage directly in activities that stimulate children creativity. This research was used quantitative method with causal assosiative type. The sample in this study were 30 children. The sampling technique was used purposive sampling. Data were collected by observation and analyze by linear regression. The result showed that the value of R square was 0,635, so it can be concluded that the project method has a significant effect toward children creativity equal to 63,50%, while 36,5% explained by other variables.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas anak di PAUD Al-Fajar Kecamatan Labuhan Ratu Lampung Timur. Faktor yang menyebabkan kreativitas rendah adalah kurangnya kesempatan bagi anak untuk terlibat secara langsung dalam kegiatan yang merangsang kreativitas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis asosiatif kausal. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian dan analisis data yang menunjukkan nilai R Square adalah 0,635, jadi dapat disimpulkan bahwa metode proyek berpengaruh terhadap kreativitas anak sebesar 63,50%. Sedangkan 36,5% diterangkan oleh variabel lain.

Kata kunci: anak usia dini, kreativitas, proyek.


References


Anita, T. 2016. Pengaruh Penggunaan Metode Proyek terhadap Pengembangan Kreativitas dalam Menyelesaikan Masalah pada Anak Usia Dini di Kelompok B di PAUD Islam Mutiara Bunda Way Tenong. Jurnal Pendidikan Anak Universitas Lampung. (Online). Tersedia di (http://digilib.unila.ac.id/23146/1/ABSTRAK%20%28ABSTRACT%29.pdf). diakses tanggal 13 Mei 2016.

Hasnida. 2015. Media Pembelajaran Kreatif. Jakarta: Luxima.

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Munandar, U. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhasanah, V. 2012. Pengaruh Metode Proyek terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Kelompok B di RA Perwaninda 03 Mojo Andong Boyolali. Jurnal Pendidikan Anak Universitas Muhammadyah Surakarta. (Online). tersedia di (http://eprints.ums.ac.id/19223/17/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf). diakses tanggal 13 Mei 2016.

Pamilu, A. 2012. Mengembangkan Kreativitas dan Kecerdasan Anak. Jakarta: Citra Media.

Rachmawati, K. 2012. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak. Jakarta: Kencana.

Sujiono,Y. 2013. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan jamak. Jakarta: Indeks.

Yus, A. 2014 Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats