Pengenalan Lambang Bilangan Melalui Bermain Ular Tangga

Nurul Khotimah, Ari Sofia, Maman Surahman

Abstract


The research problem was children low ability to recognize the symbol of number. This study aimed to determine the influence of playing snakes and ladders toward children ability to know the numbers aged 4-5 years at TK Kurnia Bandar Lampung. The reseach used correlation assosiative method. Samples were 20 children. The research was conducted on August 2016. The data were collected by using observation techinque. The research instrument was the observation sheet with scoring rubric form. Data were analyzed by using simple linier regression. The research showed that the snakes and ladders game have an influences toward children ability to know the concept of numbers.

Permasalahan penelitian adalah anak-anak yang kurang mampu mengenali simbol angka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain ular dan tangga terhadap kemampuan anak untuk mengetahui angka usia 4-5 tahun di TK Kurnia Bandar Lampung. Korelasi yang digunakan adalah metode assosiatif. Sampelnya adalah 20 anak. Penelitian dilakukan pada Agustus 2016. Data dikumpulkan dengan teknik observasi. Alat penelitian yang digunakan adalah observasi lembar kerja dari rubrik penilaian. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain ular tangga memiliki pengaruh terhadap kemampuan anak mengenal konsep angka.

Kata kunci: anak usia dini, permainan, lambang bilangan




References


Daniel, T. 2009.Developmental Stages of Infants and Children. Journal NAEYC. [online]. Volume 20, No. 5. Tersedia di (wcwpds.wisc.edu/ces/CompleteDevelo mentDetails) [diakses pada tanggal 13Januari 2017].

Charlesworth, R. & Leali, S.A. 2012. Using Problem Solving to Assess Young Childrens Mathematics KnowledgeEarlyChildhood Education Journal. [Diakses 29 September 2016]

Habsari, Y. 2014. Pengaruh Bermain Bola Warna Modifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok A Surabaya.Jurnal Pendidikan Anak.UNS. [online]. Tersedia di (http://ejournal.unesa.ac.id/articl) [diakses pada tanggal 10 Januari 2016]

Maima, Edi dan Tita. 2013. Efektivitas Metode Bermain Peran Terhadap Peningkatan Kemampuan Konsep Matematika Anak Usia Dini di Taman Kanak-kana.Jurnal Pendidikan Anak. Universitas Pendidikan Indonesia Diakses di http://kd-cibiru.upi.edu/jurnal/index.php/antologipaud/article/view/153/141 pada 23 Maret 2016.

Misyati. 2013. Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Bermain Kartu Angka Bergambar Anak Kelompok Al TK Masjid Syuhada Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak. UNY.

Mulyasa. 2012. PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sriningsih. 2009. Pembelajaran Matematika Terpadu. Bandung: Pustaka Sebelas.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: R & D.Alfabeta.

Sujiono, Y. N. 2007. Konsep Dasar PAUD. Jakarta: UNJ

Susanto. 2011. Perkembagan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Suyanto,S.2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Yus. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Anak