PENGARUH PENGGUNAAN METODE PROYEK TERHADAP PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK

Shintia Ayu Lestari, Ari Sofia, Maman Surahman

Abstract


The purpose of this research was to examine the influence of project method towards children ability to know the concept of number. The research method was used Pre-Experimental by One Group Pretest-Posttest design. Research was conducted in Citra Melati kindergarten. The samples were 21 children in B class by using purposive sampling technique that took children aged 5 until 6 years and have low ability in knowing the concept of number. Data were collected by using observation and documentation. Data were analyzed by using statistic non parametric with Wilcoxon Test. The result showed that project methode have a significance influence towards children ability to know the concept of number. This was proved by the average of pretest and posttest value that equal to 51,85%.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode proyek terhadap pengembangan kemampuan mengenal konsep bilangan. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Tempat penelitian yang dilaksanakan di TK Citra Melati pada tanggal 28 Februari sampai 09 Maret 2017. Sampel pada penelitian ini berjumlah 21 anak. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan pertimbangan tertentu yaitu anak yang berusia 5-6 tahun dan kemampuan mengenal konsep bilangan rendah. Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistic non parametrik dengan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian didapatkan peningkatan antara rata-rata nilai pretest dan posttest sebesar 51,85%. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan metode proyek terhadap pengembangan kemampuan mengenal konsep bilangan anak.

Kata kunci: anak usia dini, konsep bilangan, metode proyek


References


Isjoni. 2011. Model pembelajaran AUD. Bandung: Alfabeta

Irianti. 2013. Pengaruh penggunaan metode proyek terhadap kemampuan mengenal konsep bentuk geometri pada anak kelomspok B TK dharma wanita purwosari kediri. Tersedia di http://www.purwosari.ac.id diakses 20 oktober 2016

Ismaulinda. 2014. Pengaruh penggunaan metode proyek terhadap kemampuan pengenalan konsep bilangan pada anak kelomok A di TK taruna bhakti tambaksari surabaya. Tersedia di http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/articel/view

Jufri, A. W. 2013. Belajar dan Pembelajaran sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta

K. Lind. 1990. Match and sains For Young Childre. USA:Dermar Publishing.

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran. Jakarta: PT. Asdi Mahastya.

Musdalifah. 2016. Pengaruh permainan congklak terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok B RA Baitul Mutaalim. E-Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. (Online) Volume 4. Nomor 2.Tersedia di http://www.gahnesa.ac.id diakses 12 oktober 2016

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. Kurikulum 2013. Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini 2014. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sujiono, Y. N. 2013. Konsep Dasar Pendidikan AUD. Jakarta: Indeks.

Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Winasanjaya. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Pranada Media Group

Yunikowati. 2014. Peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan dengan permainan cetak angka playdough pada anak. Jurnal ilmiah PG-PAUD IKIP Veteran Semarang. (online) Volume 2. Nomor 2. Tersedia di http://www.semarang.ac.id diakses 12 Oktober 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Anak