Pengenalan Geometri Anak Usia Dini Melalui Media Manipulatif

Ridha Mentari Dwansi, Riswandi Riswandi, Maman Surahman

Abstract


The research problem was children low development in knowing the form of geometry. This study aimed to determined the influence of manipulative media on children geometry development aged 4-5 years in kindergarten Amarta Tani HKTI Bandar Lampung. The research method was used pre-experimental with one group pretest-posttest designed. Samples technique was total sampling with 30 student sample. Data were collected by observation and documentation. Data was analyzed by using simple linear regression. The results showed that there were an influences of manipuatif media toward children geometry development.

Masalah penelitian ini adalah rendahnya perkembangan mengenal bentuk geometri pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas bermain media manipulatif terhadap perkembangan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun di TK Amarta Tani HKTI Bandar Lampung. Metode penelitian bersifat Pre-Eksperimental menggunakan jenis One Grup Pretest-Posttest. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara aktivitas bermain media manipulatif terhadap perkembangan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun.

Kata Kunci: anak usia dini, media manipulatif, geometri permulaan




References


Anggraeni, R. S. 2011. Pengaruh Media Manipulatif Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan AUD di TK Pelita Leles. Universitas Pendidikan Indonesia. Tersedia di http://repository.upi.edu/operator/upload/s_pgpaud_06064610_chapter4.pdf. Diakses 20 September 2016.

Aqib, Z. 2014. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Yrama Widya.

Boggan, M., Harper, S., & Whitmire, A. 2010. Using manipulatives to teach elementary mathematics. Journal of Instructional Pedagogies. Tersedia di http://www.aabri.com/manuscripts/10451.pdf. Diakses 30 Oktober 2016.

Charlesworth, R. & Leali, S.A. 2012. Using Problem Solving to Assess Young Childrens Mathematics Knowledge. Early Childhood Education Journal, 39, 373382, (Online). Tersedia di http://content.ebscohost.com/pdf27_28/pdf/2012/5MX/01Jan12/70119199.pdf.Diakses 29 September 2016.

Kariza, N. 2015. Aktivitas Penggunaan Media Manipulatif Untuk Peningkatan Kemampuan Lambang Bilangan Anak. Jurnal Digilib Unila. Tersedia di http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/10046. Diakses 28 Februari 2017.

Lanigan, J. 2014. Physical Activity for Young Children: A Quantitative Study of Child Care Providers Knowledge, Attitudes, and Health Promotion Practices, Vol. 42 Issue 1, p11 (Online). Tersedia di https://www.deepdyve.com/lp/springer-journals/physical-activity-for-young-children-a-quantitative-study-of-child-8c2y0emYhJ. Diakses 28 Februari 2017.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 137 Tahun 2014. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. 2014. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Seefeldt, C. & Wasik, B. A.. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Sujiono, Y. N. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Triharso, A. 2013. Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Waskinah, I. 2013. Upaya Meningkatkan Pemahaman Geometri Di TK Melalui Media Manipulatif. Universitas Pendidikan Indonesia. Tersedia di http://repository.upi.edu/4918/4/S_PAUD_0803562_Chapter1.pdf. Diakses 20 September 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Anak