PENGETAHUAN GURU PAUD DALAM MERANCANG EVALUASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Cici Yanti, Baharuddin Risyak, Maman Surahman

Abstract


This research aimed to determine the knowledge of early childhood teachers in designing learning evaluation of Early Childhood. This research was a descriptive research with qualitative approach. The research samples used purposive sampling. The research samples were 35 early childhood teachers at West Tanjungkarang in Bandar Lampung. Technique of data collection used questionnaires and documents. Data were analyzed by using descriptive statistical analysis percentage. The results of ths research indicated that the knowledge of early childhood education teacher in designing learning evaluation of early childhood education were in good enough.

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengetahuan guru PAUD dalam merancang evaluasi pembelajaran anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel purposive. Sampel penelitiannya adalah 35 guru PAUD di Kecamatan Tanjungkarang Barat Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan guru PAUD dalam merancang evaluasi pembelajaran anak usia dini kategori cukup baik.

Kata kunci: anak usia dini, evaluasi pembelajaran, pengetahuan guru.


References


Aqib, Z. 2009. Menjadi Guru Profesional Berstandar Nasional. Bandung: Yrama Widia.

Bahri, D. S. 2010. Guru & Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dirman., Juarsih, C. 2014. Penilaian Dan Evaluasi Dalam Rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hadi, S. 2006. Metodologi Penelitian. Jogjakarta: Andi Ofset.

Ismawati, N. 2010. Studi Tentang Kompetensi Pedagogik Pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu Tahun 2010. Diakses pada 25 Januari 2016.

Jiban, C. 2013. Early Childhood Assessment Implementing Effective Practice. Jounal of early childhood. Northwest evaluatioan association. Diakses pada 26 April 2016.

Krauss, F., Ally, M. 2015. Study of the design and evaluation of learning object. Canada: Journal of Knowledge and Learning Object. Diakses pada 26 April 2016. Volume 1 (22 hlm).

Novianti, R., Puspitasari, E., Chirilsyah, D. 2012. Pemetaan Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Di Kota Pekan Baru. Diakses pada 10 januari 2016.

Popham, W.J. 2003. Teknik Mengajar Secara Sistematis. Jakarta: Rineka Cipta.

Taylor, S.J., Bogdan, R. 1984. Intoduction To Qualitative Research Method The Search Of Meaning. New York: A Wiley Interscience Publication.

Shulman, L.S. 1986. Those Who Understand Knowledge Growth In Teaching. Educational Reseracher.

Sujiono, Y.N. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Sumanti, M.S. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik Ditingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.

Wahyudin, U., Agustin, M. 2011. Penialain Perkembangan Anak UsiaDini: Panduan Guru, Tutor, Fasilitator Dan Pengelola Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Anak