PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK

Ria Elyana, Ari Sofia, Baharuddin Risyak

Abstract


This research aimed to determine the influence of using macro role play method toward prosocial behavior of children aged 5-6 years. The method used was a type of associative research. The respondent of this research consisted of 26 children. The research was conducted from February 16thuntill 19th 2016. Technique of data collection was using observation technique. Instrument used in this research was the observation sheet the form of an assessment rubric. The data analysis technique using simple linear regression test. The result of simple linear regression test showed that there is an influence of using macro role play method toward prosocial behavior of children aged 5-6 years.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bermain peran makro terhadap perilaku prososial anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian asosiatif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 26 anak. Waktu dalam penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 16 sampai dengan 19 Februari 2016. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi berupa rubrik penilaian. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode bermain peran makro terhadap perilaku prososial anak usia 5-6 tahun.

Kata Kunci: anak usia dini, metode bermain peran makro, perilaku prososial.


References


Alfiah, S. 2013. Validasi Modul Bermain Peran Aku Sayang Kawan untuk Meningkatkan Pengetahuan Perilaku Prososial pada Anak Usia Dini. Jurnal pendidikan anak. [Diakses 27 April 2016].

Astuti, P.P. 2012. Efektivitas Model Bermain Peran (Role Play) untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak. [Diakses 28 April 2016].

Beaty, J.J. 2013. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. (Terjemahan Observing Development of The Young Children: seventh edition). Jakarta: Prenada Media Group.

Clark, S, S et. al. 2013. Music Preferences and Empathy Toward Predicting Prosocial. Journal of International Bibliography of the Social Sciences. [Diakses 04 April 2010].

Greitemeyer et.al. 2010. Effect of Prosocial Video Game on Prosocial Behavior. Journal of International Bibliography of the Social Sciences. [Diakses 28 April 2016].

Hurlock, E.B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Latif, M, dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Mutiah, D. 2012. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Triardhila, W. 2013. Pengaruh metode bermain peran terhadap peningkatan perilaku prososial anak TK A Lab. UM Kota Blitar. Jurnal Pendidikan Anak. Universitas Muhammadiyah Blitar. [Diakses 26 Oktober 2015].

Yus, A. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.