PENGARUH METODE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA DINI

Wahyuni Anggraini, Baharuddin Risyak, Lilik Sabdaningtyas

Abstract


Children basic counting ability in Asiatic Persada Bajubang kindergarten was undeveloped. Based on the showed empirical data research, the early match learning activities was low. Therefore, this research aimed to the influence of make a match method toward children basic counting ability aged 5-6 years old at Asiatic Persada Bajubang kindergarten. The research was correlational method. Data were analyzed by simple linier regression technique. The result showed that there was an effect of make a match method toward children basic counting ability. This can be showed by the increases of 47 levels.

Kemampuan berhitung permulaan anak di TK Asiatic Persada Bajubang masih belum berkembang secara optimal, berdasarkan hasil data empirik penelitian hal ini dikarenakan kegiatan pembelajaran tentang berhitung masih kurang, sehingga masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan berhitung permulaan anak masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode make a match terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Asiatic Persada Bajubang. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana. Hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh penerapan metode make a match terhadap kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B, hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan sebesar 47 tingkatan.

Kata Kunci : anak usia dini, kemampuan berhitung permulaan, make a match.


References


Kurniawati, E. 2014. Upaya meningkatkan kemampuan berhitung permulaan menggunakan strategi bermain stick angka pada anak kelompok B TK Mojorejo 2 Tahun Pelajaran 2013/2014, (Online). diakses 18 September 2015.

Mutiah, D. 2012. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini (Pengantar dalam Berbagai Aspeknya). Jakarta: Kencana.

Sriningsih, N. 2008. Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiono. 2011. Statiska untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y.N. 2007. Konsep Dasar PAUD. Jakarta: UNJ.

Tedjasaputra, M. S. 2001. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Grasindo.

Widianti, R. 2014. Upaya meningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui permainan tradisional congklak pada anak kelompok B di TK Kridawita Kecamatan Klaten Tengah. (Online). diakses 14 September 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.