PENGARUH AKTIVITAS ALAT PERAGA GAMBAR WAYANG TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK

yunita sari, Thoha BS Jaya, Lilik Sabdaningtyas

Abstract


Problems in this study, namely lack of speaking skills group B TK Assalam. This study aimed to determine the effect of puppet figure media toward children speaking skills. The method used Pre-experimental designed that describes the relationship between two variables, puppets figure and children speaking skills. The subjects of this study were 26 of B children group in Assalam kindergarten Data were collected by observation and documentation, while analyzed by using cross table and simple linear regression analysis. The result showed that there is an effect of puppet figure toward children speaking skills in B group, Assalam kindergarten. This was verified by the influence of puppet figure by 20.2% againts children speaking skill.

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya keterampilan berbicara kelompok B TK Assalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas alat peraga gambar wayang terhadap keterampilan berbicara anak. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental designs yang hubungan antara variabel aktivitas penggunaan alat peraga gambar wayang dan keterampilan berbicara. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Assalam yang berjumlah 26 anak. Teknik penggumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis tabel silang, analisis uji regresi linier sederhana. Hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh aktivitas alat peraga gambar wayang terhadap keterampilan berbicara anak kelompok B. Hal ini ditunjukan dengan adanya pengaruh sebesar 20,2 %.

Kata Kunci : aktivitas, alat peraga gambar wayang, keterampilan berbicara


References


Hurlock. 1978. Perkembangan Keterampilan Berbicara. Penerjemah Meitasari Tjandrasa. Erlangga : Jakarta

Mukhtar,dkk. 2011. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana prenada Media Group : Jakarta

Putriningtyas, P.A.T. 2013. Pengaruh Penggunaan media Wayang Dupleks Komunikasi Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B. Universitas Negeri Surabaya.

Sardiman. 2001. Aktivitas Belajar. PT Rosda Karya: Bandung.

Soemanto, W. 2000. Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Reinaka Cipta : Jakarta

Sugiyono. 2014. Rumusan Teknik Analisis. Alfabeta : Bandung

Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenada.

Sujiono, Y.N. 2007. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks: Jakarta.

Tarigan, 2008. Membaca sebagai keterampilan berbicara. FKSS-IKIP : Bandung.

Suparno, M.F.S. 2013. Peningkatan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Permainan Sandiwara Boneka. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Negri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Anak