PENGARUH METODE BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP ASPEK PERKEMBANGAN BERBAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Khumaira Khumaira, Riswanti Rini, Asih Budi Kurniawati

Abstract


The background of this research was the low language development of children aged 5-6 years old in Nurul Ikhlas kindergarten Bandar Lampung 2014/2015. The research objective was to determine the influence of macro role playing method toward children language development.The study was pre-experimental research to determine role playing activity as independent variable (X) toward children language development as dependent variable (Y). Samples were 30 children aged 5-6 years old in Nurul Ikhlas Bandar Lampung. Data were collected by using observation sheets and documentations. Data were analyzed by using simple linier regression formula.The result concluded that there was an influence between macro role playing activities toward children language development aged 5-6 years old in Nurul Ikhlas kindergarten in Bandar Lampung, 2014/2015.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aspek berbahasa pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Nurul Ikhlas Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain peran makro terhadap aspek perkembangan bahasa anak. Penelitian ini untuk melihat pengaruh perlakuan kegiatan bermain peran makro sebagai variabel bebas (X) terhadap aspek perkembangan bahasa anak sebagai variabel terikat (Y). Adapun sampel yang digunakan sebanyak 30 anak. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis digunakan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada kegiatan bermain peran makro terhadap aspek perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di PAUD Nurul Ikhlas Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015.

Kata Kunci: anak usia dini, bermain peran makro, perkembangan aspek bahasa

References


Bambang, Y. T. 2006. Bahan Ajar Media Permainan Edukatif Kreatif. Jakarta: Depdiknas.

Fauziah, D.U. 2010. Keindahan Belajar Dalam Perspektif Pedagogi. Jakarta: PT Unggul Permana Selaras.

Fauziah. 2011. Undang-undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). Jakarta: Sinar Grafika.

Martini, J. 2013. Kesulitan Belajar. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mayke, S.T. 2001. Bermain, Main, dan Permainan. Jakarta: Gramedia

Mutiah, D. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Priyanto, D. 2009. Belajar Olah Data dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Undang-undang. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Yuliani, N. 2007. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.