HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DENGAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP UKURAN

Elvira Yunita, Baharuddin Risyak, Sasmiati Sasmiati

Abstract


This research based on children ability in knowing the size concept that undeveloved at group B2 Melati Puspa Kindergarten Tanjung Senang Bandar Lampung. This study aimed to investigate the relationship between activity using educational game toward children ability in knowing the size concept . This study used correlational method. The subject of this study was children in group B2 aged 5-6 years old. Sampling technique used was purposive random sampling. Data were collected by using observation, documentation and test performance. Data were analyzed Correlation Spearman Rank. The result showed that there was a significant relationship between educational game tools toward children ability in knowing size concept.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum berkembangnya kemampuan mengenal konsep ukuran pada anak usia dini di kelas B2 TK Melati Puspa Tanjung Senang Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas penggunaan alat permainan edukatif (APE) dengan kemampuan mengenal konsep ukuran pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Sampel penelitian ini adalah anak TK kelas B2 usia 5-6 tahun. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dokumentasi dan test kinerja. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara aktivitas penggunaan Alat permainan edukatif (APE) dengan kemampuan mengenal konsep ukuran pada anak usia dini di TK Melati Puspa Tanjung Senang Bandar Lampung.

Kata kunci: aktivitas, alat permainan edukatif, konsep ukuran, anak usia dini.


References


Aisyah, S. dkk. 2008. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Badru, Z. dkk. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Beaty, J. J. 2013. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini.(Terjemahan Observing Development of The Young Child: seventh edition). Jakarta: Kencana.

Isjoni. 2011. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Jamaris, M. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Grasindo.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. 2009. Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syaodih, N. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tedjasaputra, M. S. 2001. Bermain, Mainan, Dan Permainan. Jakarta: Grasindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Anak