PENGGUNAAN PERMAINAN TRADISIONAL PADA KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Suci Ningsih Wulandari, Ari Sofia, Riswandi Riswandi

Abstract


The background of this research was the low numeracy skills of children in class A aged 4-5 years old in Beringin Raya kindegarden Bandar Lampung. This research aimed to determine the use of traditional games toward early numeracy skill that includes the ability to count and rank objects, summing and subtraction operated. The method used pre-eksperimental with one group pretest-posttest design. The sample used saturated sampling with 12 children aged 5 years old. Data were collected by observation and assessment. The instrument used observation sheet. Data was analyzed by using wilcoxon test. The results showed that the acquisition value of Z count is higher than Z table, so it can be concluded that the use of traditional games affect childs early numeracy skill.

Penelitian ini berlatar belakang dari rendahnya kemampuan berhitung anak kelas A dengan rentang usia 4-5 tahun di TK Beringin Raya Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan permainan tradisional dapat mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak yang meliputi kemampuan membilang dan mengurutkan benda, kemampauan melakukan operasi penjumlahan sederhana dan melakukan operasi pengurangan sederhana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental desain dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Penulisan ini menggunakan sampel jenuh sebanyak 12 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, instrumen penelitian menggunakan lembar observasi atau pedoman observasi dalam bentuk lembar ceklis. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai Z hitung lebih besar dari Z tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan tradisional berpengaruh terhadap kemampuan berhitung permulaan anak.

Kata kunci: permainan tradisional congklak, kemampuan berhitung, anak usia dini.


References


Cahyo,Nur. 2011. Gudang Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kiri Anak. Jogjakarta: Flashbooks.

Ningsih, Y. 2011. Permainan Dhakon Berpengaruh Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Di Tk Marsudi Siwi Sidomulyo Ampel Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. http://digilib.unm.ac.id/files/disk1/3/unm-digilib-unm-fahrizal-197-1-15.fahr-k.pdf. (diakses pada Maret 2015).

_2014. Permainan Dhakon Berpengaruh Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Di Tk Marsudi Siwi Sidomulyo Ampel Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. http://digilib.unm.ac.id/files/disk1/3/unm-digilib-unm-fahrizal-197-1-15.fahr-k.pdf. (diakses pada Maret 2015).

Sugiyono. 2010. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspek. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.

Triharso, A. 2013. Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Widianti, R. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Tradisional Congklak Pada Anak Kelompok B Di Tk Kridawita Kecamatan Klaten Tengah Semester Ii Ta 2013/2014. http://digilib.unm.ac.id/files/disk1/4/unm-digilib-unm-fahrizal-197-1-15.fahr-k.pdf (diakses pada Maret 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Anak