HUBUNGAN KEGIATAN BERMAIN PERAN MAKRO DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Diyah Yusnita, Sasmiati sasmiati, Baharuddin risyak

Abstract


The problem in this research was children speaking skills aged 5-6 years old that were undeveloped at TK Al-Azhar 1 Bandar Lampung academic year 2014/2015. The research objective was to determine the correlation between macro role play activities with children speaking skills aged 5-6 years old. This research was non experimental quantitative research, with the correlation data analysis. Data were collected by observation and documentation. The data were analyzed by using cross table technique and Spearman Rank Correlation. The result showed that there was strong correlation between macro role play activities with children speaking skills by 0,86 %. Therefore, it is recommended to involve more macro role play activities to develop children speaking skills aged 5-6 years old.

Masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah keterampilan berbicara yang belum berkembang secara optimal pada anak usia 5-6 Tahun di TK Al-Azhar 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kegiatan bermain peran makro dengan keterampilan berbicara pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang bersifat non eksperimental dengan analisis data korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tabel silang dan analisis Korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang erat antara kegiatan bermain peran makro dengan keterampilan berbicara sebesar 0,86 persen. Oleh sebab itu, perlu lebih ditingkatkan kegiatan bermain peran makro untuk mengembangkan keterampilan berbicara pada anak usia dini.

Kata Kunci:keterampilan berbicara, kegiatan bermain peran makro, anak usia dini.


References


Hadi, S. 2006. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Hurlock, E.B. 1978.Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Mutiah, D. 2012. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. 2008. Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. 2014. Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Berbicara Anaka Usia Dini. Jakarta: Depdikbud.

Yudha, M & Rudyanto. 2005. Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.