PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK

Ayu Sekar Rini, Haninda Bharata, Sri Hastuti Noer

Abstract


This quasi-experimental research aimed to know the increasing of students mathematical communication skills with realistic approach. The mathematical communication skills is the ability to communicate mathematical ideas clearly to others using mathematical language to express ideas appropriately. The design of this research was one group pretest-posttest control design with the population was all students of grade seventh of SMPN 1 Pagelaran in academic year of 2014/2015 and the sample was students of VII-I class that was determined by cluster sampling technique. The data of mathematical communication skills were obtained by essay test. Based on the analysis of data, it was concluded that learning with realistic approach able to increase students mathematical communication skills.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pendekatan realistik. Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan untuk mengomunikasikan pemikiran matematis secara jelas kepada orang lain menggunakan bahasa matematika untuk mengekspresikan ide-ide secara tepat. Desain penelitian ini adalah one group pretest-posttest control design dengan populasi seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Pagelaran tahun pelajaran 2014/2015 dan sampel penelitian adalah siswa kelas VII-I yang ditentukan dengan teknik cluster sampling. Data kemampuan komunikasi matematis diperoleh dari tes uraian. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran dengan pendekatan realistik mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: kemampuan komunikasi, matematis, pendekatan realistik


Full Text:

PDF

References


Anisa, Witri Nur. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik untuk Siswa SMP Negeri di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. Vol. 1 No. 1. Tersedia di http://download.portalgaruda.org. [29 Juli 2015].

BSNP. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Tersedia di http://matematika.upi.edu. [27 Januari 2015].

Husna, Raudatul. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik Melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa SMP Kelas VII Langsat. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA. Vol. 6 No. 2. Tersedia di http://digilib.unimed.ac.id. [29 Juli 2015].

Napitupulu, Ester Lince. 2012. Prestasi Sains dan Matematika Indonesia Menurun. Tersedia di http://edukasi.kompas.com. [27 Januari 2015].

Yosmarniati. 2012. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Tersedia di http://www.ejournal.np.ac.id. [28 Juli 2015].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.