EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Abstract
This research aimed to know the effectiveness of the implementation of problem based learning model viewed by students mathematical communication ability. The design of this research was posttest only control group design. This research population was all students of grade 8th of SMP Xaverius 2 Bandarlampung in academic year of 2014/2015 that was distributed into four classes. This research samples were students of VIII-B and VIII-C class that were selected by purposive random sampling technique. This research data were gotten by mathematical communication ability test that were analyzed by proportion test. Based on the result of data analyzes, it can be concluded that viewed by students mathematical communication ability, problem based learning model was not effective but it was more effective than conventional learning.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model problem based learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Desain penelitian ini adalah posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Xaverius 2 Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015 yang terdistribusi dalam empat kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-B dan VIII-Cyang diambil dengan teknik purposive random sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis yang dianalisis menggunakan uji proporsi. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis, model PBL tidak efektif, namun lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, konvensional, problem based learning
Full Text:
PDFReferences
Armiati. 2009. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika di SMK Teknologi Melalui Modul Matematika. Makalah dipresentasikan di Seminar Nasional Pembelajaran Matematika Sekolah Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. [Online]. Diakses di http://eprints.unsri.ac.id. pada 19 Februari 2015.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Izzati, Nur dan Suryadi. 2010. Komunikasi Matematik dan Pendidikan Matematika Realistik. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, pada 27 November 2010. [Online]. Diakses di http://bundaiza.files.wordpress.com. pada 29 Oktober 2014.
PISA. 2012. Data Tables, Figures, and Exhibits. [Online]. Diakses di http://nces.ed.gov. pada 30 Oktober 2014.
Triana, Mella. 2014. Penerapan Pembelajaran Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. [Online]. Diakses di http://jurnal.fkip.unila.ac.id. pada 19 Februari 2015.
Widjajanti, Djamilah Bondan. 2011. Mengembangkan Softskill Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Pendidikan MIPA Unila 2011. [Online]. Diakses di https://semnaspendmipa.files.wordpress.com. pada 9 Februari 2015.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.