EFEKTIVITAS PENERAPAN PROBLEM-BASED LEARNING DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Ria Oktavia, Rini Asnawati, M. Coesamin

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of problem-based learning viewed by students understanding of mathematical concepts. The design which was used was posttest only control design with the population was all students of grade eight of Junior High School TMI Roudlotul Quran Metro in academic year of 2014/2015 and the research samples were students of VIIIC and VIIID class that were determined by purposive random sampling. The data of understanding of mathematical concepts were obtained by essay test. Based on the result of this research, it was concluded that the implementation of problem-based learning was effective viewed by students understanding of mathematical concepts and more effective compared to conventional learning.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas problem-based learning ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Desain yang digunakan adalah posttest-only control design dengan populasinya seluruh siswa kelas VIII SMP TMI Roudlotul Quran Metro tahun pelajaran 2014/2015 dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIC dan VIIID yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Data pemahaman konsep matematis siswa diperoleh dari tes uraian. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan problem-based learning efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa dan lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep, problem-based learning

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2013. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Hamalik, Oemar. 2004. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, Irpan. 2012. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa MTs Melalui Model Problem-Based Learning. Makalah STKIP Siliwangi, Bandung. [ Online]. Tersedia: http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id. (diakses pada 17 Oktober 2014 pukul 20.32).

OECD. 2013. PISA 2012 Result in Focus What 15-year-olds Know and What They Can Do With What They Know. [Online]. Tersedia: http://www.oecd.org. (diakses pada 24 Oktober 2014 pukul 22.10).

Putri, Febby Eka. 2014. Efektivitas Model Problem-Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Disposisi Matematis Siswa. (Skripsi). Bandarlampung: Universitas Lampung.

Suherman, H. Erman. 2003. Common Textbook (Edisi Revisi), Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: IMSTEP.

Surtiyani. 2012. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Aktivitas dan Pemahaman Konsep. (Skripsi). Bandarlampung: Universitas Lampung.

Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Grup.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.