PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN TPS DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
Abstract
This quasi experimental research aimed to know the difference of students mathematical conceptual understanding between cooperative learning model of number head together type and cooperative learning model of think pair share type. The design of this research was post-test only control design. The population of this research was grade 8th students of SMPN 31 Bandar Lampung in academic year of 2013/2014. The samples of this research were students of VIII-G and VIII-H class that were determined by purposive sampling technique. Based on the result of data analysis, it was concluded that there was no different of mathematical conceptual understanding between cooperative learning model of NHT and TPS type.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematis siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe number head together dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Desain penelitian ini adalah posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII G dan VII H yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan pemahaman konsep matematis anatara model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TPS.
Kata kunci: pemahaman konsep matematis, NHT, TPS
Full Text:
PDFReferences
Balitbang. 2011. Survei Internasional TIMMS. [Online]. Tersedia di http://litbang.kemdikbud.go.id. (diakses pada Agustus 2014).
Basri, Samsyu. 2005. Model Pembelajaran. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CV Eko Jaya.
Fristady, Restu. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. No 7. Vol 2. (Online). Tersedia di http://jurnal.fkip.unila.ac.id. Bandar Lampung: Unila. (diakses pada Januari 2015).
Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Unesa Press.
Ilyasari, Astia. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. No 7. Vol 7. (Online). Tersedia di http://jurnal.fkip.unila.ac.id. Bandar Lampung: Unila. (diakses pada Januari 2015).
Lie, Anita. 2007 . Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.