EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Lina Widiatami, Rini Asnawati, Haninda Bharata

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of the learning model of TPS viewed by students understanding of mathematical concepts. The population of this research was all students of grade VII of SMPN 20 Bandar Lampung in academic year of 2013/2014 as many as 262 students and distributed into 7 classes. The samples of this research were students of VIIB class which were taken randomly. This research used one group posttest only design. The instrument of this research was test of mathematical conceptual understanding. Based on the analysis of data, the cooperative learning model of TPS type was ineffective viewed by understanding of mathematical concepts of students.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran TPS ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 20 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 262 siswa dan terdistribusi dalam 7 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIB yang diambil secara acak. Penelitian ini menggunakan one group posttest only design. Instrumen penelitian ini berupa tes pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil analisis data, model pembelajaran kooperatif tipe TPS tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: pemahaman konsep matematis, pembelajaran kooperatif, TPS


Full Text:

PDF

References


Arifin. 2010. Meningkatkan Pemahaman Konsep Menghitung Volume Kubus dan Balok Melalui Representasi Enaktif, Ikonik, dan Simbolit pada Siswa Kelas V SD Negeri 8 Mandonga Kota Kendari. [Online]. Tersedia: http://arifinpenelitian.blogspot.com. [27 Februari 2013].

Depdiknas. 2013. Kurikulum 2013: Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SMP dan MTs. Jakarta: Depdiknas.

Ismail. 2003. Media Pembelajaran (Model-Model Pembelajaran). Jakarta: Depdiknas.

Karli dan Sri. 2002. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Bina Media Informasi.

Setyoningsih. 2013. Efektivitas Pendekatan Realistik Matematik. [Online]. Tersedia: http://setyoningsihtyo.blogspot.com. [21 Januari 2014].

Slavin, Robert. 2000. Educational Psycology: Theory and Practice. Sixth Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Sudijono, Anas. 2001. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiman. 2006. Pendekatan Matematika Realistik pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Makalah Lokakarya Pengembangan Model-Model Pembelajaran Matematika Sekolah di Universitas Negeri Yogyakarta pada 14 Oktober 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.