ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19

Ulfatul Wasiah

Abstract


Abstract

One of the many sectors affected by the Covid-19 pandemic is education. This resulted in a change in the learning system from face-to-face in class to online learning from home. Since online learning took place, students have experienced many difficulties in implementing it, especially in mathematics. Therefore, this research was conducted by the author to know the difficulties students encounter during online learning during a pandemic like this. The method applied in this research is the descriptive qualitative method. Observations involved SMP / MTs students with data collection techniques through questionnaires distributed online via WhatsApp and research subjects were 30 respondents. From the data that has been received, the results obtained are that most students like the Google Classroom application as an online-based learning medium, obstacles that are often experienced by students include limited quota, unsupportive signals, many tasks, and not understanding the material presented by the teacher. In addition, mathematics is considered difficult due to several factors: (1) using a lot of formulas, (2) not understanding the concept of the material, and (3) the limited space for interaction between students and teachers.

Keywords: difficulty learning mathematics; online learning; the covid-19 pandemic

 

Abstrak

Satu di antara banyak sektor yang terdampak pandemi covid-19 ialah pendidikan. Ini mengakibatkan perubahan sistem pembelajaran yang mulanya tatap muka secara langsung di kelas menjadi pembelajaran daring dari rumah. Sejak pembelajaran daring berlangsung, banyak kesulitan dialami siswa dalam pelaksanaannya, terkhusus pelajaran matematika. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan penulis dengan maksud untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang didapati siswa saat pembelajaran daring di masa pandemi seperti ini. Metode yang diterapkan dalam penelitian adalah metode kualitatif deskriptif. Observasi melibatkan siswa SMP/MTs dengan teknik pengumpulan datanya melalui angket yang disebarkan secara online via WhatsApp dan subjek penelitian sebanyak 30 responden. Dari data yang telah diterima, diperoleh hasil bahwasanya kebanyakan siswa menyukai aplikasi Google Classroom sebagai media pembelajaran berbasis daring, hambatan yang sering dialami peserta didik di antaranya kuota terbatas, sinyal tidak mendukung, banyak tugas, serta tidak paham materi yang disampaikan guru. Selain itu, matematika dianggap sulit karena beberapa faktor: (1) banyak menggunakan rumus, (2) tidak paham konsep materi, dan (3) ruang interaksi antara siswa dengan guru yang terbatas.

Kata Kunci: kesulitan belajar matematika; pandemi covid-19; pembelajaran daring

 

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v9i3.pp307-317


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


BEM Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta. (2020). Kajian Dampak Covid-19 Bidang Global. http://bemfh.upnvj.ac.id/wp-content/uploads/2020/04/KAJIAN-BIDANG-GLOBAL.pdf

Ehan. (1983). Kesulitan Belajar Matematika. (Online), http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195707121984032-EHAN/KESULITAN_BELAJAR__MATEMATIKA.pdf

Fajriyani, E. (2020). Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas V MIS Islamiyah Margasari 01 Sidareja Cilacap. Skripsi. Sidareja: IAIN Purwokerto.

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID- 19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514

Isnaini, D. (2020). Kesulitan Siswa Kelas VII dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Daring di SMP Negeri 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Salatiga: IAIN Salatiga.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.

Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan Metode Ceramah. (2011). Zona Ilmu Pendidikan. http://zonainfosemua.blogspot.com/2011/01/pengertian-kelebihan-dan-kekurangan.html (diakses pada 23 Maret 2021)

Pratiwi, R. A., (2019). Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi Selama Pembelajaran Online. 1–8. https://osf.io/wdm9e/download/?format=pdf

Sumarno, J.T., (2020). Keterbatasan Kuota dan Keterbatasan Orang Tua, Kendala Pembelajaran Daring. http://zonainfosemua.blogspot.com/2011/01/pengertian-kelebihan-dan-kekurangan.html (diakses pada 23 Maret 2021)

Utami, Y. P., Cahyono, D.A.D. (2020). Study at Home : Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.