EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ALQURUN DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Eki Anisa Putri, Sugeng Sutiarso, Caswita Caswita

Abstract


Abstract: The Effectiveness of ALQURUN Teaching Model on Students Mathematical Communication Skill.

This research aim­ed to find out the effectiveness of ALQURUN teaching model on students mathematical communication skill. The population of this research was all students of 8th grade at SMPN 10 Bandarlampung in the academic year 2018/2019. The samples of this research were VIIIB and VIIIC chosen by cluster random sampling technique. This research used pretest-posttest control group design. The data were obtained by the essay test of mathematical communication skill. The data were analyzed by using proportion test and Mann Whitney-U test with the significance 0,05. Best on the results of his research, it can be concluded that ALQURUN is not effective, but it can be used to improve students’ mathematical communication skill.

 

Keyword: ALQURUN, effectiveness, mathematical communication skill.

 

 

Abstrak: Efektivitas Model Pembelajaran ALQURUN Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran ALQURUN ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB dan VIIIC yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan komunikasi matematis dengan instrumen berbentuk uraian. Analisis data menggunakan uji proporsi dan uji Mann Whitney-U dengan taraf signifikan . Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ALQURUN tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa, namun dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

                                                                           

Kata kunci: ALQURUN, efektivitas, kemampuan komunikasi matematis.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Syarwan. 2014. Problematika Kurikulum 2013 dan Kepemimpinan Intruksional Kepala Sekolah. Jurnal Pencerahan. [Online], Volume. 8, No. 2, (http://-www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPP/article/view/2158/2111), diakses pada tanggal 26 Oktober 2018.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depar-temen Pendidikan Nasional Jakarta.

_________. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Atas. Depdiknas. Jakarta.

Dewi, S.H., Susanto, Nurcholif, D.S.L.2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ber-standar NCTM di Sekolah Menengah Pertama Kelas VII Pokok Bahasan Statistika. Jurnal Edukasi. [Online], Volume. II No. 3, (http:Jurnal .unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/4365/3302). Diakses pada 29 November 2018.

Hake, Richard R. 1998. Interactive-engagement Versus Traditio-nal Method. American Jour-nal of Physics. Vol. 66(1). [Online]. Diakses pada 29 November 2018.

Izzati, Nur. 2010. Komunikasi Matematisdan Pendidikan Matematika Realistik. Ma-kalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Mate-matika dan Pendidikan Matematika UNY, tanggal 27 November 2010. [Online]. Tersedia: http://bundaiza.-files.files.wordpress.com/. 21 Oktober 2018.

Kurniawati, Siska. 2015. Efektivitas Model Discovery Learning Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Pemahaman Konsep Matematis dan Ke-mampuan Awal Matematika Siswa. [Online]. Tersedia: http://digilib.unila.ac.id/. Di-akses pada tanggal 26 Oktober 2018.

Muslih. 2014. Analisis Efektifitas Program Magang Untuk Sinkronisasi Link And Match Perguruan Tinggi Dengan Dunia Industri (Studi Ter-hadap Program Magang Pada Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Jurnal Managemen dan Bisnis, Vol 14(1) April 2014. [Online]. Tersedia: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mbisnis/articleview/12. Diakses pada tanggal 26 Oktober 2018.

NCTM. 2000. Principles and Stan-dards for School Mathema-tics. Reston VA: The NCTM.

Organisation for Economic Coope-ration and Development (OECD). 2016. PISA 2015 Results in Focus. [Online]. Diakses di http://oecd.org. Diakses pada tanggal 8 Oktober 2018.

Putri, Dini Arrum. 2016. Efektivitas Metode Discovery Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matema-tis Siswa (Study pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 9 Bandar-lampung Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi. [Online]. Tersedia: http://digilib.uni-la.ac.id/26388/. Diakses pada tanggal 29 Oktober 2018.

Sumarmo, Utari. 2015. Analysis of Enhancement of Mathema-tical Communication Compe-tency Upon Student of Mathematics Education Study Program Through Metacog-nitive Learning. International Jur-nal of Education and Research Vol. 3(9) Septem-ber 2015. [Online].Tersedia: www.ijern.com. 22 Oktober 2018.

Sutiarso, Sugeng. 2016. Model Pem-belajaran ALQURUN (Alqu-run Teaching Model). Dalam Prosiding Seminar Nasional Mathematics, Science, & Education National Confe-rence (MSENCo). IAIN Ra-den Intan Bandarlampung. Bandarlampung.

Wardhani, Sri dkk. 2010. Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Mate-matika di SD. Yogyakarta: PPPTK.

Wicaksono, Agung. 2011. Efektivitas Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.