Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Kholifatul Jannah, Sri Hastuti Noer, Sugeng Sutiarso

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the influence of cooperative learning model of Rotating Trio Exchange (RTE) type towards student's mathematical problem solving ability. RTE type is one of cooperative learning model where the students are asked to make a small group by the teacher that consist of three students for discussing the topic. The design of this research was posttest only control group design. The population was all eighth grade students in even semester of Junior High School State 29 Bandar Lampung in academic year 2012/1013. The samples were students of VIII D and VIII E class that were chosen by purposive sampling technique. The data research was obtained by test of student's mathematical problem solving ability. Based on hypothesis testing result, it was concluded that cooperative learning model of RTE type was not influences student's mathematical problem solving ability in even semester of Junior High School State 29 Bandar Lampung in academic year 2012/2013.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. RTE merupakan suatu model pembelajaran kooperatif yang mengelompokkan siswa dalam kelompok kecil yang terdiri dari tiga orang tiap kelompoknya untuk mendiskusikan suatu masalah. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 29 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII D dan VIII E yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil uji hipotesis dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe RTE tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 29 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, pemecahan masalah matematis, RTE


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Mullis, Ina V.S. et al. 2012. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. [Online]. Tersedia:http://timssandoirls.bc.edu/timss2011/downloads/T11_IR_Mathematics_FullBook.pdf. (diakses pada tanggal 16 Februari 2013).

Putri, Silpia Deka dan Neviyani. 2013. Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Prestasi Belajar Siswa (Studi Deskriptif terhadap Siswa SMP N 12 Padang). Jurnal Ilmiah Konseling. UNP. [Online], Vol.2, No.1. Tersedia:http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor. (diakses pada tanggal 2 Juni 2013).

Septian. 2010. Pembelajaran Konvensional Banyak Dikritik Namum Paling Disukai. [Online]. Tersedia: http://septian.wordpress.com.2010/03/02/ pembelajaran-konvensional-banyak-dikritik-namun-paling-disukai/. (diakses pada tanggal 21 Desember 2012).

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suherman, E. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA FPMIPA UPI.

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.