Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Astiriana Septiriani S, Haninda Bharata, M. Coesamin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Pola Bilangan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam 7 kelas.  Sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-C dan VIII-D yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pretest posttest control group design. Uji statistik yang digunakan yaitu uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa discovery learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

 

This experimental aimed to know the effectiveness of discovery learning model in terms of the ability of understanding the mathematical concepts of students in the number pattern material . The population in this study were all students of class VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung in academic year 2018/2019 distributed into 7 class. The sample of this research was a Class VIII-C and VIII-D are chosen by purposive sampling technique. This research used pretest posttest control group design. Statistical tests are used namely t-test. Based on the results of the research and discussion, it was concluded that discovery learning is not effective in terms of the ability to understand students’ mathematical concepts.


Kata Kunci: discovery learning, efektivitas, pemahaman konsep matematis


Full Text:

PDF

References


Agustina, Lisna. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Jurnal Eksakta, Online, Volume 1, (http://jurnal.utapsel.ac.id/index.php/eksakta/article/viewFile/49/50), diakses 10 Oktober 2018.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

OECD. 2016. PISA 2015 Results in Focus. (Online), (https://www.oecd.org/pisa/pisa/2015-resultsin-focus.pdf), diakses 2 Mei 2017.

Puspitadewi, Rizky. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI Mia 3 Semester Genap SMAN 1 Teras Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Jurnal Pendidikan Kimia. (Online), Volume 5, Nomor 4, (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia), diakses 14 Oktober 2018.

Hardiono. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-D SMPN 2 Kamal Materi Cahaya. Jurnal Pena Sains. (Online), Vol. 3, No. 2, (https://www.researchgate.net/publication/313601246_Penerapan_Model_Pembelajaran_Discovery_Learning_Untuk_Meningkatkan_Motivasi_Dan_Hasil_Belajar_Siswa_Kelas_VIIID_SMPN_2_Kamal_Materi_Cahaya), diakses 11 Oktober 2018.

Kemendikbud. 2013. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. (Online), (https://kemdikbud.go.id/kemdikbud/dokumen/Paparan/Paparan%20Waendik.pdf), diakses 10 Oktober 2017.

Kurniasih, Berlin. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Miatun, Asih. 2015. Eksperimentasi Model Pembelajaran Discovery Learning, Problem Solving, Dan Think Pair Share (TPS) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Dari Self Regulated Learning. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. (Online), Vol. 3, No. 7, (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/6489/4429), diakses 6 Oktober 2018.

Murizal, Angga. 2012. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika, Online, Vol. 1 No. 1, (http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/download/1138/830), diakses 10 Oktober 2018.

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.