Efektivitas Metode Discovery Learning ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Dini Arrum Putri, Pentatito Gunowibowo, M Coesamin

Abstract


The objective of this research was to find out the effectiveness of discovery learning method assessed from students' ability toward the mathematical problem solving. In this research by using Post test only group control design was administered to obtain the data. The population of this research was the second year students of SMP Negeri 9 in the academic year of 2016/ 2017 by applying total sampling technique, 2 classes were taken as the samples of this research. Analysis data of this research used Mann Whitney-u test Based on this research,it could be concluded that discovery learning method was not effective assessed from students' ability toward mathematical problem solving

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran discovery ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas SMP Negeri 9 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Melalui teknik sampling jenuh kelas diambil sebagai sampel. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney-u Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pembelajaran discovery tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Kata kunci: discovery learning method, efektivitas, kemampuan pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, Habriah. 2015. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Materi Trigonometri melalui Penerapan Model Pembeljaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Pada Kelas X SMA Negeri 11 Makasar. [online]. Jurnal Daya Matematis,Volume.3, No.3, Tersedia : http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewjournal&journal=7684 [ 20 Maret 2017]

Ariska, Ayu.2016. Penerapan Model Discovery Learning ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta Skripsi.Yogyakarta:Universitas PGRI Yogyakarta.

Fatimah, Fatia. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol. 16, No.1, [Online].http://download.portalgaruda.org/download_verification.php?val=448&article=52269&title=.[20 Maret 2017]

Firmansyah. 2010. Pengaruh Iringan Musik dalam Penyelesaian Soal Matematika terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Bandar Lampung:Universitas Lampung.

Herman, Tatang. 2010. Membangun Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah [Online] Tersedia: http:// file.upi.edu (Diakses pada 25 November 2016)

Mullis, I.V., Martin, M.O., dan Foy, P. 2012. TIMSS 2011 International Results In Mathematics.[online].Tersedia:http://timssandpirls.bc.edu/timss2011/international results-science.html. [Diakses pada 20 Maret 2017]

Mudyaharjo, Redja. 2001. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mustofa, Rosit. 2015. Peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika melalui strategi discovery learning pada siswa SMP [Online]. Artikel Publikasi Ilmiah, Tersedia : http://eprints.ums.ac.id/32781/22/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf [20 Maret 2017].

N.K, Roestiyah. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Setya, Dewi. 2014. Peningkatan Pemecahan Masalah dan Kreativitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Scientific Dengan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Pati Tahun 2014. [Online]. Artikel Publikasi Ilmiah, Tersedia http://eprints.ums.ac.id/32898/9/9.%20ARTIKEL%20PUBLIKASI%20ILMIAH.pdf [20 Maret 2017].

Suherman, Erman. (2003). Startegi Pembelajaran Matematika Komtemporer. JICA. UPI Bandung

Suparno. 2000. Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas

Vahlia, Ira. 2015. Perbandingan penggunaan metode collaborative learning dan discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Darul Arafah. [online] Jurnal Pendidikan Matematika,Volume.4,No.2, Tersedia : http://download.portalgaruda.org/article.php?article=391855&val=7291&title= [ 20 Maret 2017].

Zunaidi, Ahmad. 2015. Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi lengkung siswa kelas IX-E SMP Negeri Ngusikan tahun pelajaran 2014/2015 [online]. Jurnal Daya Matematis,Volume.1, No.1, Tersedia : http://-www.majalahsuarapendidikan.net/penerapan-model pembelajaran-discovery learning untuk meningkatkan-hasil-belajar matematika-materi-bangun ruang-sisi-lengkung-siswa kelas ix-e-smpn-ngusikan-tahun pelajaran-2014-2015.html [ 20 Maret 2017]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.