PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Willy Setiawan, Sugeng Sutiarso, Arnelis Djalil

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the effect of inquiry learning towards the incrasing of students mathematical reasoning ability. The design which was used was pretest-posttest control group design. The population of this research was all students of grade eight of Junior High School of 19 Bandar Lampung in academic year of 2016/2017 which was distributed into twelve classes. The samples of this research were students of VIIIH and VIIII class that were determined by purposive random sampling technique. Based on the result of this research and discussion, it was concluded that the implementation of inquiry learning affect towards the incrasing of students mathematical reasoning ability.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 19 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 12 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIH dan VIIII yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.

Kata kunci: pembelajaran inkuiri, penalaran matematis, pengaruh


Full Text:

PDF

References


Depdiknas.2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2004. Peraturan Dirjen Dikdasmen Nomor 506/C/PP/2004 tanggal 11 November 2004 tentang Penilaian Perkembangan Anak Didik Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Mursell, N. J. 1995. Mengajar dengan Sukses Edisi Kedua. Jakarta: PT Bursa Effek Surabaya Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Shelly, Yuwono, I & Muksar, M. 2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Penalaran Matematika Sisiwa Kelas VII-4 SMP Negeri 4 Balikpapan. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 1 No. 1. [Online]. http://fmipa.um.ac.id/index.php/component/attachments/190.html. [7 Agustus 2016].

TIMSS. 2011. International Results in Mathematics. [Online]. http://timssan-dpirls.bc.edu/timss2011/downloads/T11_IR_Mathematics_FullBook.pdf. [7 Agustus 2016].

Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorentasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.