PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN METODE PQ4R UNTUK MENANAMKAN DISPOSISI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Suryatul Aini Asyhara, Tina Yunarti, Asmiati Asmiati

Abstract


This research development aims to develop mathematical teaching materials with PQ4R method to instill the disposition skill of students' understanding on mathematical concepts. PQ4R is an instructional method which is done through reading activities. The activities in the learning process include: preview, question, read, reflect, recite and review. The disposition understanding of mathematical concepts is the tendency in understanding math concepts being studied, explaining the link between the concepts and applying the concepts in a flexible manner, accurate, efficient and precise in problem solving. The subject in this research were students of VIII B of JHS Daarul Ma'Arif 2015/2016 academic year with middle-upper thinking characters. The data were obtained through observation sheet and interviews. The research results showed that the instructional mathematical learning materials with PQ4R method was effective when it used clear language, provided clear explanations on the completion of the steps in the example given, less practices while the tasks should be in form of stories. Most students like these kind of mathematics teaching materials therefore they can enhance the disposition skill of students' understanding on mathematical concepts.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika dengan metode PQ4R untuk menanamkan disposisi pemahaman konsep matematis siswa. PQ4R adalah metode pembelajaran yang dilakukan dengan kegiatan membaca. Kegiatan dalam proses pembelajarannya yaitu preview, question, read, reflect, recite dan review. Disposisi pemahaman konsep matematis adalah kecendrungan seseorang bersikap dalam memahami konsep matematika yang sedang dipelajari, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep secara luwes, akurat, efisien dan tepat dalam pemecahan masalah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Daarul Maarif tahun pelajaran 2015/2016 yang memiliki karakter berpikir menengah ke bawah. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjuka bahwa pengembangan bahan ajara matematika dengan metode PQ4R efektif jika bahasa yang digunakan jelas, dibuat keterangan penjelas pada langkah-langkah penyelesaian pada contoh soal, latihan yang dibuat jangan terlalu banyak dan sebaiknya berbentuk soal cerita. Sebagian besar siswa menyukai bahan ajar matematika ini dan bahan ajar ini dapat menanamkan disposisi pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: bahan ajar, disposisi pemahaman konsep matematis, PQ4R


Full Text:

PDF

References


Akker J., Nieveen, N., dan McKenney, S. 2006. Education Design Research. London and Newyork: Routledge.

Amri dan Ahmadi, Iif Khoiru. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Anderson, James E. 1990. Public Policymaking. Boston: Houghton Mifflin.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Herlina, Elda. 2013. Meningkatkan Disposisi Berpikir Kreatif Matematis Melalui Pendekatan Apos. STAIN Batusangkar. Sumatera Barat. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol. 2, No. 2, September 2013. [Online]. http://core.kmi.open.ac.uk/download/pdf/11736029.pdf. [Mei 2016].

Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kesumawati, Nila. 2008. Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. [Online]. http://eprints.uny.ac.id. [25 Mei 2015].

Oemar, Hamalik. 2003. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Remaja Karya.

Patria A, Yosha. 2007. Teknik Probing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP. Bandung: FPMIPA UPI.

Posamentier, A.S. dan Stepelman, J. 2002. Teaching Secondary Mathematics Techniques and Enrichment Units (6 th.ed). New Jersey: Merrill Prentice Hall.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Ritchhart, Ron. 2002. Intellectual Character. San Francisco: Jossey-Bass.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumarmo, Utari. 2010. Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. [Online]. http://www.pdf-finder.com/BERFIKIR-MATEMATIK-TINGKAT-TINGGI:.html. [26 Mei 2016].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.