EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONCEPT

Depi Puspita Arum, Sri Hastuti Noer, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This research was aimed to know the effectiveness of problem based learning in terms of students mathematical representation ability, percentage of student who reach the mastery learning, and self concept. The population of this research was all students of grade 8th of SMPN 25 Bandarlampung in academic year of 2015/2016 which was distributed into 9 classes. The samples of this research were students of VIIIA and VIIIC class who were taken by purposive sampling technique. The design of this research was posttest only control group design. The research data were obtained by mathematical representation ability test and self concept scale. Based on the result of data analysis, problem based learning wasnt effective in terms of self concept and percentage of students who reach the mastery learning but it was effective in terms of mathematical representation ability.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas problem based learning ditinjau dari kemampuan representasi matematis, persentase tuntas belajar, dan self concept siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 25 Bandarlampung tahun pelajaran 2015/2016 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIC yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis dan skala self concept. Berdasarkan hasil analisis data, problem based learning tidak efektif ditinjau dari self concept dan persentase tuntas belajar siswa tetapi efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa.

Kata kunci: problem based learning, representasi matematis, self concept


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jendral Perguruan Tinggi Depdiknas.

Douglas, A. 2000. Math Anxiety, Math Self Concept, and Performance in Math. Thesis of Faculty of Education, Lakehead University. [Online]. [http://www. collectionscanada.gc.ca. diakses pada 2 November 2015].

Ghufron, M. N. dan Risnawita, S. R. 2010. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., dan Foy, P. 2012. TIMSS 2011 International Results In Mathematics. [Online]. [http://timssandpirls.bc.edu. diakses pada 20 Oktober 2015].

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. NCTM: Reston, Virginia. [Online]. [http://physicsmaster.orgfree.com diakses pada 29 Oktober 2015].

Pratiwi, D.A. 2010. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dengan Metode Proyek dan Resitasi Ditinjau dari Kreativitas dan Konsep Diri Siswa. Tesis. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. [Online]. [http://eprints.uns.ac.id. diakses pada 19 Januari 2016].

Salamor, Reinhard. 2013. Pembelajaran Group Investigation Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Concept Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis. Bandung: UPI. [Online]. [http://repository.upi.edu diakses pada 28 Oktober 2015].

Sari, Intan Permata. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Belief Siswa. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung

Sudarman. 2007. Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif Vol. 02 No. 02 Hlm. 68-73. [Online]. [http://physicsmaster.orgfree.com. diakses pada 2 November 2015].

Syaifatunnisa, Istasari. 2015. Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Self Confidence Siswa. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Tajjla, Awaludin. 2013. Potret Mutu Pendidikan di Indonesia Ditinjau dari Hasil-Hasil Studi Internasional. Makalah. [Online]. [http://pustaka.ut.ac.id. diakses pada 5 Januari 2016]

Zaskis, R dan Sirotic, N. 2004. Making Sense of Irrational Numbers: Focusing on Representation. Proceedings of the 28th Conference of The International Group for the Psychologi of Mathematics Education Vol. 4 Hal. 497-504. [Online]. [http://www.emis.de diakses pada 8 Februari 2016].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.