Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Pendidikan Matematika Unila?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Petunjuk Penulisan Jurnal Pendidikan Matematika UNILA

Persyaratan Umum Penulisan

  1. Artikel yang ditulis untuk Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung meliputi hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Matematika. Ketentuan penulisan dapat dilihat di template jurnal. Pengiriman file dilakukan dengan login ke submissions
  2. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik, ditempatkan di bawah judul artikel. Semua Nama penulis  dilengkapi dengan alamat  e-mail atau e-mail penulis yang bertanggungjawab atas artikel tsb saja.
  3. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris, khusus untuk abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris dengan format essay
  4. Sistematika artikel adalah: judul artikel, nama penulis, nama instansi, alamat e-mail, abstrak (berkisar 150-250 kata berisi tujuan, metode, dan hasil penelitian), kata kunci, pendahuluan (berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka, dan tujuan), metode penelitian, hasil penelitian dan pembahasan, kesimpulan dan saran, daftar pustaka (hanya berisi pustaka yang dirujuk).
  5. Sumber rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka 10 tahun terakhir. Rujukan yang diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau majalah ilmiah.
  6. Pengutipan dan daftar pustaka menggunakan American Psychological Association (APA) style. Disarankan untuk menggunakan aplikasi referensi seperti Mendely, Zotero, dsb.
  7. Semua naskah ditelaah oleh penyunting ahli menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi atau saran dari penyunting. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberikan secara online melalui ojs.
  8. Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penulis artikel tersebut.
  9. Artikel yang diterima diterbitkan pada versi cetak dan online pada Open Journal System (OJS) dengan alamat situs http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah merupakan hasil karya penulis sendiri, bebas dari duplikasi, pabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme.
  2. Naskah sudah mengikuti pedoman dan template penulisan artikel pada Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung.
  3. Referensi yang digunakan minimal 80% artikel pada jurnal.
  4. Pengutipan dan penulisan referensi sudah dikelola menggunakan Reference Manager.
  5. Penulis tidak akan mengirim artikel ini ke jurnal yang lain, kecuali artikel sudah dinyatakan 'ditolak' pada Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung.
  6. Penulis bersedia melakukan korespondensi dengan baik, tanggap, dan beretika.
  7. Penulis bersedia melampirkan Surat Pernyataan Klirens Etik pada tahap ke-4 proses submit artikel.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.