HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

Eva Fauziah, Frans Nurseto, Ade Jubaedi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa kelas VIII.1 dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani di SMP Negeri 1 Sukadana tahun pelajaran 2013/2014. Dan diharapkan bermanfaat bagi peneliti dan guru penjaskes sebagai bahan mengajar dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran penjaskes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor instrinsik pada diri siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Sukadana tahun 2013/2014 mampu mempengaruhi motivasinya dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani dan dalam kategori tinggi (72,27%) sedangkan faktor ekstrinsik juga mampu mempengaruhi motivasinya dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani dalam kategori tinggi pula (67,19%). Tingginya pengaruh faktor intrinsik terhadap motivasi siswa disebabkan siswa telah memiliki derajat kesehatan yang sangat tinggi (80,46%), selain itu mereka juga telah memiliki perhatian yang tinggi pada mata pelajaran pendidikan jasmani (72,56%), memiliki minat yang tinggi dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani (68,59%), serta memiliki bakat dalam bidang olahraga yang tinggi (66,98%). Sedangkan tingginya pengaruh faktor ekstrinsik disebabkan karena metode mengajar guru memiliki variasi yang tinggi (73,52%), alat pelajaran pendidikan jasmani yang ada memiliki inovasi dan tingkat kelengkapan yang tinggi (61,30%), waktu pelajaran memiliki kesesuaian dengan kondisi siswa yang sedang (59,51%) serta kondisi lingkungan memiliki dukungan yang tinggi (70,74%).

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Azwar, Saifuddin. 2004. Penyusunan

Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Darsono. Max dkk. 2000. Belajar Dan Pembelajaran. Semarang: IKIP

Depdikbud. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta

Dimiyati & Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Perguruan Tinggi dan Depdikbud

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hadi, Sutrisno. 1990. Metodologi Research Jilid 1. Yogyakarta: Andi Offset

. 2001. Metodologi Research Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset

Hamalik, Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Antariksa Natawidjaya, Rochman. 1979. Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV Mutiara Sardiman A. M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:

Rajawali Pers

Singarimbun, Masri. dan Effendi, Sofian. 1989. Metode Penelitian Survai. Jakarta: PT Pustaka

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Subardjah, Herman. 2000. Psikologi Olahraga. Jakarta: Depdiknas

Sudradjat SW, 1985. Statistika Nonparametrik. Bandung: CV Armico

Suryabrata, Sumadi. 1984. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: PT Raja Grafindo Persada

Surya, Mohammad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisi

Tri Anni, Catharina dkk. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES Semarang Press


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo