UPAYA MENINGKATKAN GERAK DASAR PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MODIFIKASI ALAT BANTU BOLA GANTUNG PADA SISWA SMPN 1 TANJUNG BINTANG
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan gerak dasar passing bawah permainan bola voli melalui modifikasi alat bantu bola gantung pada siswa SMPN 1 Tanjung Bintang Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Sebjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Tanjung Bintang. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data pada penelitian ini adalah lembar penilaian passing bawah permainan bola voli dan lembar observasi untuk siswa. Berdasarkan hasil observasi, pembahasan dan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan modifikasi alat bantu bola gantung dapat meningkatkan gerak dasar passing bawah permainan bola voli pada siswa SMP N 1 Tanjung Bintang. Hal tersebut dapat dilihat pada kondisi awal jumlah siswa yang mencapai nilai KKM 78 baru 8 siswa (26,67%), pada siklus I meningkat menjadi 18 siswa (60%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 26 siswa (87%). Sehingga tindakan yang diberikan dinyatakan berhasil meningkatkan gerak dasar passing bawah permainan bola voli.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agus Kristiyanto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Surakarta, UNS Press. ALFABETA
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta, Raja Grafindo Persada.
Daryanto. 2016. Media pembelajaran. Yogyakarta, Gava Media.
Depdikbud. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta, Balai Pustaka.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 : Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/ MI. Jakarta, Terbitan Depdiknas
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta, PT Rineke.
Gino, H. J. 1998. Belajar dan Pembelajaran II. Surakarta, UNS Press
Hamid, Hamdani. 2016. Pengembangan Sistem Pendidikan Di Indonesia. Bandung, Wacana Prima.
Harsono. 1988. Coaching Dan Aspek – Aspek Psikologis Dalam Coaching. Jakarta, CV. Irwan
Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung, PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2017. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan. Menyenangkan. Bandung, PT Rosdakarya.
Paturusi, A. 2012. Managemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Rineka Cipta,Jakarta.
Rivai, A. & Sujana, N. 2011. Media Pembelajaran. Bandung, Sinar Baru.
Sugiyanto. 2001. Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta, Universitas
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung,
Terbuka: Departemen Pendidikan Nasional.
Winataputra, U. S. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta, Universitas Terbuka. Wiriaatmadja, R. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung, PT Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##
