UPAYA MENINGKATKAN GERAK DASAR PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MODIFIKASI ALAT BANTU BOLA GANTUNG PADA SISWA SMPN 1 TANJUNG BINTANG

Miftahul Yusro, Frans Nurseto, Suwarli Suwarli, Dwi Priyono

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan gerak dasar passing bawah permainan bola voli melalui modifikasi alat bantu bola gantung pada siswa SMPN 1 Tanjung Bintang Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Sebjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Tanjung Bintang. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data pada penelitian ini adalah lembar penilaian passing bawah permainan bola voli dan lembar observasi untuk siswa. Berdasarkan hasil observasi, pembahasan dan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan modifikasi alat bantu bola gantung dapat meningkatkan gerak dasar passing bawah permainan bola voli pada siswa SMP N 1 Tanjung Bintang. Hal tersebut dapat dilihat pada kondisi awal jumlah siswa yang mencapai nilai KKM 78 baru 8 siswa (26,67%), pada siklus I meningkat menjadi 18 siswa (60%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 26 siswa (87%). Sehingga tindakan yang diberikan dinyatakan berhasil meningkatkan gerak dasar passing bawah permainan bola voli.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Kristiyanto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Surakarta, UNS Press. ALFABETA

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta, Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2016. Media pembelajaran. Yogyakarta, Gava Media.

Depdikbud. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta, Balai Pustaka.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 : Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/ MI. Jakarta, Terbitan Depdiknas

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta, PT Rineke.

Gino, H. J. 1998. Belajar dan Pembelajaran II. Surakarta, UNS Press

Hamid, Hamdani. 2016. Pengembangan Sistem Pendidikan Di Indonesia. Bandung, Wacana Prima.

Harsono. 1988. Coaching Dan Aspek – Aspek Psikologis Dalam Coaching. Jakarta, CV. Irwan

Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2017. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan. Menyenangkan. Bandung, PT Rosdakarya.

Paturusi, A. 2012. Managemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Rineka Cipta,Jakarta.

Rivai, A. & Sujana, N. 2011. Media Pembelajaran. Bandung, Sinar Baru.

Sugiyanto. 2001. Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta, Universitas

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung,

Terbuka: Departemen Pendidikan Nasional.

Winataputra, U. S. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta, Universitas Terbuka. Wiriaatmadja, R. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung, PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##

Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo