Aktivitas Olahraga Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama

Heru Sulistianta, Suwarli Suwarli, Nur Hasim

Sari


Aktivitas olahraga yaitu kegiatan yang menunjang kualitas fisik individu agar bisa berkembang secara maksimal, keburagan fisik dan hasil belajar adalah fariabel yang saling berhubungan dan saling menguntungkan untuk menunjang kualitas individu. Sekolah menengah pertama menjadi fase pengalihan dari masa anak-anak ke fase remaja. Perlunya peningkatan kualitas pada fase ini sangat penting untuk bisa menunjang berbagai aspek seperti afektif, kognitif, dan psikomotor. Pentingnya aspek ini untuk keterampilan individu untuk bisa belajar ke jenjang yang lebih tinggi. Dalam komponen ini, aktivitas olahraga dapat meningkatkan kebugaran fisik anak murid, yang pada gilirannya akan berkontribusi pada peningkatan hasil belajar anak murid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari aktivitas olahraga yang dilakukan siswa dengan kebugran jasmani dan hasil belajar sisiwa sekolah menengah pertama.Jenis penelitian ini menggunakan penelitian studi litelatur review yaitu penelitian yang menemukan teori dan menganalisa dari goggle scholar, hasil penelitian ini yaitu ada pengaruh aktivitas olahraga terhadap kebugaran jasmani dan hasil belajar sisiwa

Kata Kunci


olahraga; kebugaran jasmani; hasil belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abduh, I., Humaedi, H., & Agusman, M. (2020). Analisis Hubungan Tingkat Kesegaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Siswa. JOSSAE : Journal Of Sport Science And Education, 5(2), 75. Https://Doi.Org/10.26740/Jossae.V5n2.P75-82

Ardika, W. M., & Pardijono. (2015). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahrga Dan Kesehatan Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(2), 581–585.

Arifandy, A., Hariyanto, E., & Wahyudi, U. (2021). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP. Sport Science And Health, 3(5), 218–234. Https://Doi.Org/10.17977/Um062v3i52021p218-234

Damsir, D., Idris, M., & Rizhardi, R. (2021). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jolma, 1(1), 41. Https://Doi.Org/10.31851/Jolma.V1i1.5369

Erfan, M. (2017). The Role Of Physical Education Teachers In Students’ Physical Fitness (Freshness). 170–178.

Hanief, N. Y. (2018). Issn : 2477 – 3379 ( Online ) Issn : 2548 – 7833 ( Print ) Volume 4 Nomor 2 Halaman 145-292 November 2018. Jurnal Sportif, 4(2), 145–238.

Ilyas, I., & Almunawar, A. (2020). Profil Kebugaran Jasmani Siswa Ekstrakurikuler Bola Voli. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia, 1(1), 37–45. Https://Doi.Org/10.55081/Joki.V1i1.297

Sulistiono, A. A. (2014). Kebugaran Jasmani Siswa Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Jawa Barat. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(2), 223–233. Https://Doi.Org/10.24832/Jpnk.V20i2.140

Supariyadi, T., Mahfud, I., & Marsheilla Aguss, R. (2022). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar Penjas Tahun 2021. Journal Of Arts And Education, 2(2), 60–71. Https://Doi.Org/10.33365/Jae.V2i2.109

Supriyadi, M. (2018). Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Sekolah Dasar. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 1(2), 64–73. Https://Doi.Org/10.31539/Jpjo.V1i2.136

Widodo, A., & Wahyuni, E. S. (2016). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Dengan Hasil Belajarpendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (Studi Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Sukorame Lamongan). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 04(1), 48–55. Http://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Pendidikan-Jasmani/Issue/Archive


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##

Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo