Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

PENGARUH METODE LATIHAN KELINCAHAN DAN KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN MENGGIRING BOLATANGAN

Muhammad Yogi Rivaldi, Surisman Surisman, Suranto Suranto

Abstract


This type of research is experimental research with the population is in the high school class XI student Persada Bandar Lampung, amounting to 156 people, and the samples taken were 30. The sampling technique used was sreatifield random sampling. Data analysis and final results of the initial test program impacts and coordination agility drills to improve hand-eye movement ushered in handball basis using t-test data analysis techniques. The objectives of this research was to determine the effect of exercise programs coordination agility and eye-hand to improve basic movement ushered in handball in class XI High School Persada in Bandar Lampung. The results showed: first, there is a significant effect on agility training program. Second, there is a significant effect on exercise program eye-hand coordination. Third, exercise program eye-hand coordination is better than agility training program.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan populasi adalah siswi kelas XI di SMA Persada Bandar Lampung yang berjumlah 156 orang, dan diambil sampel berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sreatifield random sampling. Analisis data hasil tes awal dan akhir pengaruh program latihan kelincahan dan koordinasi mata-tangan untuk meningkatkan gerak dasar menggiring dalam bola tangan menggunakan teknik analisis data uji t. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh program latihan kelincahan dan koordinasi mata-tangan untuk meningkatkan gerak dasar menggiring dalam bolatangan pada siswa kelas XI Persada di SMA Persada Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, terdapat pengaruh yang signifikan pada program latihan kelincahan. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan pada program latihan koordinasi mata-tangan. Ketiga, program latihan koordinasi mata-tangan lebih baik dibandingkan dengan program latihan kelincahan.

Kata kunci : dribble, gerak dasar, kelincahan, koordinasi mata-tangan


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Revisi ke-V. Rineka Cipta. Jakarta

Bompa. O. Tudor. 1997. Terjemahan Teori dan Metodologi Latihan (Theory and Methodology Of Training). Ilmu Kesehatan Olahraga, FAK. Pasca Sarjana Universitas Airlanga. Surabaya.

Depdikbud. 1987. Pola Umum Pembinaan dan Pengembangan Kesegaran Jasmani. Jakarta:Bagian Proyek Peningkatan Kesegaran Jasmani.

Harsono. 1988. Perencanaan Program Latihan. Bandung.

Lutan, Rusli, 1998. Belajar Keterampilan Motorik, Pengantar Teori dan Metode. Drijen Dikti, PPLPTK. Jakarta.

Mutohir , Cholik. 1992 .(http://tsubasaozora10.wordpress.com/about/gaya-mengajar). diakses tanggal 24 Februari 2013. Pukul 22.45

Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karianwan dan Peneliti pemula. Alfabet. Bandung.

Sajoto M. 1988. Pembinaan dan Peningkatan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Dahara Prize. Jakarta.

Sitepu, Akor. 2008. Buku ajar bola basket I. FKIP Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.

Suharjana. 2004. Kebugaran Jasmani. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Suharno, H.P. 2011. Latihan Kelincahan (online), (http://2012/23/10).

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.