Upaya Meningkatkan Keterampilan Teknik Lompat Spagat Dengan Menggunakan Alat Bantu

winda musfita, Rahmat Hermawan, Ade Jubaedi

Sari


Research (PTO) approach with research procedures covering planning, acting, observation, and reflecting as much as two cycles. The subjects of this study were Rhythmic Gymnastics PPLP Athletes in Lampung Province, free junior girls totaling 6 people. The results showed that the application of assistive devices can improve the results of spagat jumping technical skills in athletes in rhythmic gymnastics PPLP Lampung Province free junior girls. From the results of the analysis obtained there is an increase in conditions from the initial observation to the first cycle, and the second cycle. From the assessment of all aspects of learning obtained the percentage of completeness of the results of spagat jumping technical skills at initial conditions 16.67%, 50% Cycle I, Cycle II 83.33%, so that the initial condition improvement to Cycle II was 66.66%.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil keterampilan gerak dasar teknik lompat spagat melalui alat bantu pada atlet senam ritmik PPLP Provinsi Lampung. Teknik pengumpulan data melalui tes keterampilan teknik lompat spagat melalui observasi dari proses latihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Olahraga (PTO) dengan prosedur penelitian meliputi planning, acting, observation, dan reflecting sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah Atlet Senam Ritmik PPLP Provinsi Lampung free junior putri berjumlah 6 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan alat bantu  dapat meningkatkan hasil keterampilan teknik lompat spagat pada pada atlet senam ritmik PPLP Provinsi Lampung free junior putri. Dari hasil analisis yang diperoleh terdapat peningkatan kondisi dari observasi awal ke siklus I, dan suklus II. Dari penilaian seluruh aspek pembelajaran diperoleh prosentase ketuntasan hasil keterampilan teknik lompat spagat pada kondisi awal 16,67%, Siklus I 50%, Siklus II 83,33%, sehingga peningkatan kondisi awal ke Siklus II sebesar 66,66%.

Kata kunci : alat bantu, lompat spagat.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Ed Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Baley, A. James. (1986). Pedoman Atlet. Semarang: Dahara Prize. Journal sport science Vol. 15 no 2

Code Of Points Aerobic Gymnastics, FIG: 2009-2012. Journal international sport science Vol. 11 no 6

Harsono. 1986. Ilmu coaching. Jakarta: Pusat Ilmu Olahraga KONI Pusat.Dirjen Dikti.

Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-Aspek Psikologi dalam Coaching. Jakarta: CV. Tambak Kusuma.

Mutalip. 1984. Teori Umum Latihan. Semarang : IKIP

Nurhasan. 2000. Tes dan Pengukuran. Jakarta: Kurunika.

Radcliffe, J. C & Farentinos, R.C. 1985. Plyometrics Explosive Power Training. 2nd ed. Champaign, Illionis: Human kinetics Published, Inc. The Journal of the American Board of Sport Psychology Volume 1-1.

Rusli Lutan. 2000, Mengajar Pendidikan Jasmani (Pendekatan Pendidikan Gerak Di Sekolah Dasar), Jakarta Depdiknas.

Rusli Lutan. 1988. Belajar Keterampilan Motorik: Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: Dirjen Dikti-Depdikbud.

Pate, Russell R; McClenaghan, Bruce and Rotella. 1993. Scientific Foundations of Coaching, Saunders College publishing,

Philadelphia. Eur Journal Appl Physiol 88(4-5).

Sajoto, M. 1995. Pembinaan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Semarang: Dahara Prize. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Kebudayaan E-ISSN 2599-8406 (95-105).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo