MODEL BERMAIN PENDEKATAN TWO CHILDREN GAME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK

Diki Fitrana Putra, Herman Tarigan, Ade Jubaedi

Sari


The purpose of this study is to obtain a model game that can improve cognitive abilities of young children through the game model two children game. The method used in this research is research and development( R& D), population in this research is kindergarten An-Nahl, TK-Bintang Indonesia, and TK Ar-Raudah. The sample in this study amounted to 85 children. Media research using game model. Lessons are held for two months with lessons two to three times a week.After the data obtained, then processed by using the basic statistical formula. After the research was concluded that the game model of two children games could be the consideration of cognitive development throughout the kindergarten of Lampung Province.

Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh model permainan yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini malalui model permainan two children game. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development ( R & D ), populasi dalam penelitian ini adalah anak TK An-Nahl, TK- Bintang Indonesia, dan TK Ar-Raudah. Sampel dalam penelitian berjumlah 85 anak. Media penelitian menggunakan model permainan. Pembelajaran dilaksanakan selama dua bulan dengan pembelajaran dua tiga kali seminggu. Setelah diperoleh data, selanjutnya diolah dengan menggunakan rumus statistika dasar. Setelah dilakukan penelitian disimpulkan bahwa model permainan two children game bisa menjadi bahan pertimbangan pengembangan kognitif diseluruh taman kanak-kanak Se-Provinsi Lampung.

Kata kunci: kemampuan kognitif, two children game


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Anggani. 2000. Teori Perkembangan Kognitif Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Borg, W. R. dan Gall, M. D. 1983. Educational Reseach An Introduction. New York: Longman.

Ian, Adams. 1988. Pendidikan Jasmani dengan PendekatanPemahaman. Jakarta: Depdikbud. Direktorat Pendidikan Guru dan Tenaga Teknis.

Moeslichatoen, R. 1999. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurdin. 2000. Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Jakarta: Depdikbud.

Sugiyanto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovativ. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.

Sukirman. 2003. Praktikum Audit. Jakarta: Widya Karya.

Suyanto. 2009. Urgensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Direkjenmanpendasmen.

Zulkifli. 2001. Pengembangan Motorik Anak Prasekolah. Jakarta: Ditjen Olahraga Depdiknas.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo