Pengembangan Modul Kompetensi Pedagogik Guru Pedamping Non PLB Anak Tunagrahita
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) kondisi dan potensi sekolah terhadap produk yang akan dikembangkan, 2) menghasilkan modul kompetensi pedagogik guru anak tunagrahita,3) menjelaskan tanggapan pakar terhadap modul kompetensi pedagogik guru pedamping anak tunagrahitapenelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan di SLB PKK Provinsi Lampung, SLB Dharma Bakti Dharma Perrtiwi dan SLBIT Baitul Jannah Bandar Lampung.Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara tidak terstruktur, dan angket. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) kondisi dan potensi awal sangat memungkinkan dan mendukung untuk dilakukan pengembangan modul kompetensi pedagogik guru pendamping non plb anak tunagrahita, 2) proses pengembangan modul guru dilakukan tahap pengembangan yaitu: studi pendahuluan (kodisi dan potensi serta pengumpulan data), desain produk, validasi produk oleh pakar, dan produk akhir, 3) hasil validasi pakar media diperoleh skor 45 (Baik), hasil validasi pakar desain diperoleh skor 65 (sangat Baik), hasil validasi pakar materi diperoleh skor 56 (Baik).
Kata kunci: guru non PLB, kompetensi pedagogik, guru pedamping anak tunagrahita
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Budiningsih, C. Asri. 2008. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: : Rinekacipta
Grossman, GM. And e Helpman, 1991. Trade. Knowledge Spillovers and Growth. European Economic Review, Vol. 80, April, pp. 517-526.
Pribadi, Benny A. 2009.Model-model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : PPS Prodi Teknologi Pendidikan UNJ.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: RinekaCipta.
Smith, M.B, Ittenbach, R.F. & Patton, J.R. 2002. Metal Retardation. Saddle River New Jersey: Merril Prentice Hall.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya
Suparman, A. 2005. Desain Intruksional. Jakarta: Pengembangan Aktivitas Intruksional, Dirjendikti, Depdiknas.
Suprijanto. 2013. Pendidikan Orang Dewasa, Dari Teori Hingga Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Bumi Aksara Yogyakarta
Widoyoko, EkoPutro. 2012.Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yamin, Moh. 2014. Teoridan Metode Pembelajaran, Konsepsi, Strategi dan Praktik Belajar yang Membangun Karakter. CopyrightJanuari, 2015 Malang, Jatim. Madani.
Refbacks
- There are currently no refbacks.