PENINGKATAN PENCAPAIAN HASIL BELAJAR STRUCTURE (TOEFL) DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW
Abstract
The purposes of this study were (1) to describe and produce effective learning design; (2) to describe the implementation of learning; (3) to describe the form of evaluation used; and (4) to describe the increase in TOEFL score of students especially in the Structure session by using cooperative learning jigsaw. This research is a classroom action research done in class Structure V STBA Teknokrat Bandar Lampung. The result showed that (1) the instructional design have been made in accordance with the needs of learning, learning objectives, materials, methods and evaluation; (2) the implementation of learning using jigsaw learning is in conformity with the jigsaw learning syntax; (3) the evaluation of learning that is used matches the TOEFL assessment; and (4) an increase in student results from cycle to cycle with details on the first cycle students achieve mastery 26.19% 57.14% in the second cycle, and 78.57% in the third cycle.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan dan menghasilkan desain pembelajaran yang efektif; (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran; (3) mendeskripsikan bentuk evaluasi yang dipergunakan; dan (4) mendeskripsikan peningkatan skor TOEFL mahasiswa khususnya dalam sesi Structure dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas Structure V STBA Teknokrat Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (1) desain pembelajaran sudah dibuat sesuai dengan kebutuhan belajar, tujuan pembelajaran, materi, metode dan evaluasi; (2) pelaksanaan pembelajaran menggunakan pembelajaran jigsaw sudah sesuai dengan sintak pembelajaran jigsaw; (3) bentuk evaluasi pembelajaran yang digunakan sudah sesuai dengan penilaian TOEFL; dan (4) terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa dari siklus ke sikus dengan rincian pada siklus I 26,19% mahasiswa mencapai ketuntasan 57,14% pada siklus II, dan 78,57% pada siklus III.
Kata kunci: hasil belajar, kooperatif jigsaw, TOEFL
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsini. 2009. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Anderson, Lorin W. Et al. 2001.A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing, A Revison of Blooms Taxonomy of Education Objectives. New York: Addison Wesley Logman. Inc.
Cahyo, Jea Mukti. 2011. Implementasi Teori Pembelajaran Piaget pada Fisika. http://studifisika.blogspot.com/2011/02/implementasi-teori-pembelajaran-piaget.html. (3 Juli 2012, pukul 16:48)
Juma. 2012. Teori Ausubel. http://jumajuma27.blogspot.com/2012/03/teori-ausubel.html. (Juni 2012, pukul 16:34
Miarso, Yusufhadi., dan Suyanto, Eko. 2011. Kumpulan Materi Kuliah Mozaik Teknologi Pendidikan. Lampung: PPSJ Teknologi Pendidikan Unila
Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.