PENINGKATAN PENCAPAIAN HASIL BELAJAR STRUCTURE (TOEFL) DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW

Namrotul Waqidah, Herpratiwi Herpratiwi, Ujang Suparman

Abstract


The purposes of this study were (1) to describe and produce effective learning design; (2) to describe the implementation of learning; (3) to describe the form of evaluation used; and (4) to describe the increase in TOEFL score of students especially in the Structure session by using cooperative learning jigsaw. This research is a classroom action research done in class Structure V STBA Teknokrat Bandar Lampung. The result showed that (1) the instructional design have been made in accordance with the needs of learning, learning objectives, materials, methods and evaluation; (2) the implementation of learning using jigsaw learning is in conformity with the jigsaw learning syntax; (3) the evaluation of learning that is used matches the TOEFL assessment; and (4) an increase in student results from cycle to cycle with details on the first cycle students achieve mastery 26.19% 57.14% in the second cycle, and 78.57% in the third cycle.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan dan menghasilkan desain pembelajaran yang efektif; (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran; (3) mendeskripsikan bentuk evaluasi yang dipergunakan; dan (4) mendeskripsikan peningkatan skor TOEFL mahasiswa khususnya dalam sesi Structure dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas Structure V STBA Teknokrat Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (1) desain pembelajaran sudah dibuat sesuai dengan kebutuhan belajar, tujuan pembelajaran, materi, metode dan evaluasi; (2) pelaksanaan pembelajaran menggunakan pembelajaran jigsaw sudah sesuai dengan sintak pembelajaran jigsaw; (3) bentuk evaluasi pembelajaran yang digunakan sudah sesuai dengan penilaian TOEFL; dan (4) terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa dari siklus ke sikus dengan rincian pada siklus I 26,19% mahasiswa mencapai ketuntasan 57,14% pada siklus II, dan 78,57% pada siklus III.

Kata kunci: hasil belajar, kooperatif jigsaw, TOEFL


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 2009. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Anderson, Lorin W. Et al. 2001.A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing, A Revison of Blooms Taxonomy of Education Objectives. New York: Addison Wesley Logman. Inc.

Cahyo, Jea Mukti. 2011. Implementasi Teori Pembelajaran Piaget pada Fisika. http://studifisika.blogspot.com/2011/02/implementasi-teori-pembelajaran-piaget.html. (3 Juli 2012, pukul 16:48)

Juma. 2012. Teori Ausubel. http://jumajuma27.blogspot.com/2012/03/teori-ausubel.html. (Juni 2012, pukul 16:34

Miarso, Yusufhadi., dan Suyanto, Eko. 2011. Kumpulan Materi Kuliah Mozaik Teknologi Pendidikan. Lampung: PPSJ Teknologi Pendidikan Unila

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.