MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menganalisis dan menemukan dengan tepat: (1) langkah-langkah model pembelajaran inkuiri,(2) desain perencanaan pembelajaran IPS dengan model pembelajaran inkuiri,(3) proses pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran inkuiri.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan tiga siklus. Tempat penelitian di SDN 1 Trisnomaju materi peninggalan sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia. Data dikumpulkan dengan observasi dan tes, dan dianalisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian adalah: (1) langkah-langkah model inkuiri yaitu mengamati, menanya, mencari informasi,memadukan informasi, dan menarik kesimpulan, (2) pembuatan desain pembelajaran diawali dengan analisis kebutuhan belajar siswa (umur siswa, kondisi siswa, keterampilan awal, gaya belajar, dan analisis karakter materi), desain yang digunakan adalah desain ASSURE.
Kata kunci: hasil belajar, mata pelajaran IPS, model pembelajaran inkuiri
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta
Gulo, W. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Grasindo.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara
Miarso, Yusuf Hadi. 2013. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Prenada Media
Ruseffendi. 2006. Metode Mengajar. Bandung: Rineka Cipta.
Sardiman A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Smaldino, Sharon. 2011. Intructional Technology and Media for Learning. Jakarta : Kencana
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Refbacks
- There are currently no refbacks.