MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS

Agus Saptono, Budi Koestoro, Herpratiwi Herpratiwi

Abstract


The purpose of this research was to improve the quality of learning by analyzing and finding out accurately: (1) steps of model inquiry learning, (2) design of the learning plan social studies with model inquiry learning, (3) process of learning social studies using model inquiry learning.The method used this study was a three-phaseaction research cycle. Place of research at primary school 1 Trisnomaju material tell the historical during Hindu, Budha and Islam in Indonesia. Data were collected using observation and tests, and the qualitative descriptive. Results of the study are: (1) steps inquiry model: to observe, ask, seek information, integrating information and conclusions,(2) the manufacture of learning design begin with need analysis of learner (age learner, conditions of learner, initial skill, learning style, and analysis caracteristic of material), design used is ASSURE design.

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menganalisis dan menemukan dengan tepat: (1) langkah-langkah model pembelajaran inkuiri,(2) desain perencanaan pembelajaran IPS dengan model pembelajaran inkuiri,(3) proses pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran inkuiri.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan tiga siklus. Tempat penelitian di SDN 1 Trisnomaju materi peninggalan sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia. Data dikumpulkan dengan observasi dan tes, dan dianalisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian adalah: (1) langkah-langkah model inkuiri yaitu mengamati, menanya, mencari informasi,memadukan informasi, dan menarik kesimpulan, (2) pembuatan desain pembelajaran diawali dengan analisis kebutuhan belajar siswa (umur siswa, kondisi siswa, keterampilan awal, gaya belajar, dan analisis karakter materi), desain yang digunakan adalah desain ASSURE.

Kata kunci: hasil belajar, mata pelajaran IPS, model pembelajaran inkuiri



Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta

Gulo, W. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Grasindo.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara

Miarso, Yusuf Hadi. 2013. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Prenada Media

Ruseffendi. 2006. Metode Mengajar. Bandung: Rineka Cipta.

Sardiman A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Smaldino, Sharon. 2011. Intructional Technology and Media for Learning. Jakarta : Kencana

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.