PENGUMUMAN

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL TIYUH LAMPUNG

  1. Artikel berisi tentang bahasa, sastra, dan/atau pembelajarannya, baik hasil penelitian maupun bukan hasil penelitian.
  2. Artikel harus asli (bukan plagiat) dan belum pernah dipublikasikan.
  3. Naskah ditulis dengan bahasa Indonesia secara benar,  10 s.d. 20 halaman A4,  spasi 1,5, program Windows Microsoft Word, dan bertipe huruf Times New Roman dengan  font size 12.
  4. Naskah diserahkan dalam bentuk print-out sebanyak 3 rangkap dan file dalam CD atau diemail ke rahmat.prayogi@fkip.unila.ac.id
  5. Artikel ditulis dengan sistematika dan ketentuan sebagai berikut.
  1. Judul: ditulis dengan singkat, padat, lugas, dan mencerminkan isi.
  2. Nama Penulis: ditulis tanpa gelar, di bawah judul; penulis dapat individu atau tim dan semua penulis dicantumkan.
  3. Instansi/Alamat Penulis: di bawah nama penulis ditulis nama instansi dan alamat email.
  4. Abstract/Abstrak: ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dengan panjang antara 100-120 kata dalam satu alinea. Abstrak hasil penelitian berisi tujuan, metode, dan hasil dan pembahsan. Artikel nonpenelitian berisi permasalahan dan pembahasan.
  5. Key Words/Kata Kunci: diisi 3 s.d. 5 kata/frase sesuai dengan substansi artikel.
  6. Batang Tubuh Artikel: (I) Artikel hasil penelitian terdiri atas pendahuluan (latar belakang, permasalahan, dan tujuan), metode, hasil dan pembahasan, dan simpulan dan (ii) artikel nonpenelitian terdiri atas pendahuluan (permasalahan dan kerangka pikir dan/atau kerangka analisis), Pembahasan (sub-subjudul yang berisi pembahasan), dan simpulan.
  7. Daftar Pustaka: hanya mencantumkan sumber yang dirujuk dalam artikel.         

Aminuddin. 2009. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Bogdan, R. C. dan Biklen, S. K. 1998. Qualitative Research for Education an Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon.

Budianta, M.; Husen, I.S.; Budiman, M.; dan Wahyidu, I. 2008. Membaca Sastra Pengantar Memahami Sastra untuk Perguruan Tinggi. Jogya: IndonesiaTera.

Littlemore, J. 2009.  Applying Cognitive Linguistics to Second Language Learning and Teaching  (E-book). New York: Palgrave Macmillan.

Kumaidi.1998. Pengukuran Bekal Awal Beajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Oline), Jilid 5, No.4, (http://www.malang.ac.id, diakses 20 Januari 2000).

Turner, J.H. dan Maryanski, A. 1979. Fungsionalisme. Terjemahan Abdul Syukur Ibrahim (Editor). 2010. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

6. Cara merujuk pengarang di dalam batang tubuh artikel harus menyebutkan nama belakang pengarang, tahun, dan halaman. Contoh: (Mitchel, 2011:53), atau Mitchel (2011:53).


7. Artikel yang masuk ke meja redaksi diseleksi oleh tim penyunting. Artikel dapat diterima tanpa perbaikan, diterima dengan perbaikan, atau ditolak. Artikel dikirim lewat alamat email.