PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS KALIMAT BAHASA INGGRIS

Solah Solah, Ujang Suparman, Herpratiwi Herpratiwi

Abstract


The purpose of the research are to analyze: (1). The design of the lesson plan, (2). Implementation of lesson plan which  are scoring of teacher’s and student’s activity; (3) Evaluation system.This research was done at SMP Negeri 3 Pringsewu. Methodology of research used classroom action research which consist of three cycles.The result of research are: (1) Syntax lesson plan designed through  game consisting three steps; i.e: beginning, main activity and closing; (2). Students activity in word and phrase arrangement learning through chain card game has increased, writing and discussing the sentense of the game result, making conclution and resume. (3). Evaluation system used essay test by random word / phrase arrangement become a good sentence.

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis (1) Desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. (2) Pelaksanaan Pembelajaran, yang di dalamnya terdapat penilaian kinerja guru dan aktivitas belajar siswa. (3) Sistem evaluasi.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Pringsewu, Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus. Hasil Penelitian: (1) sintak  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) didesain  dengan metode permainan yang meliputi 3 tahap  kegiatan, yaitu kegiatan awal, inti dan penutup; (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran menyusun kata/phrase dengan media permainan chain card game meningkat, kalimat hasil permainan meningkat, mendiskusikan kalimat hasil permainan bersama kelompok lain, dan membuat kesimpulan dan resume; (3) Sistem evaluasi  menggunakan tes dalam bentuk uraian menyusun kata acak menjadi kalimat sederhana.

Kata kunci: aktivitas belajar,chain card game, kemampuan menulis.


Full Text:

PDF

References


Arikunto,Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta.Bumi Aksara

Dick, W and Cerey, L. 2005. The Sistematic Design of Instructional. Boston.Allyn and Bacon

Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar: Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung.Penerbit Refika Aditama

Harris, D.R. 1988. Testing English as a Second. New york. Mc.Graw-Hill Book Company.

Lie, Anita. 2003. Cooperative Learning. Jakarta. PT.Grasindo

Oshima, Alice dan Ann Hogue. 1996. Writing Academic English. London. Adison Wesley Publishing Company

Saffat, Idri. 2009. Jakarta. Optimized Learning Strategy: Pendekatan Teoritis dan Praktis Meraih Keberhasilan Belajar Prestasi Pustaka

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta.Kencana Pranada Media

Suwarno. A. 2003. Peningkatan Kemampuan Membuat Kalimat Bahasa Inggris dengan Strategi Permainan Kartu pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Muara Keling, Musi Rawas.Buletin Pelangi Pendidikan Volume 6 Nomor 1 Palembang

Walshe, R.D. 1990. Every Child can Write. Australia.Bridge Printery Pty Ltd.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.