PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA TRIGONOMETRI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Nurashri Partasiwi, Adelina Hasyim, Sugeng Sutiarso

Abstract


This study aimed to: 1) analyze the effectiveness. This study was a Research and Development (R&D), with a research subject was class X in Gajah Mada Senior High School, Muhammadiyah Senior High School and Al-Azhar Senior High School Bandar Lampung. Data were collected by using questionnaires, tests and observation and analyzed quantitative descriptive. The results of this study are :1) teaching materials and methods used in the study of mathematics are less varied, LKS conditions are not optimal, 93.75% of students and teachers of mathematics requires LKS, 2) LKS development process is based on the results of a needs analysis which is 93.75% of the teachers require math worksheets as a student learning materials are being validated by subject matter experts, design experts, and media experts, 3) LKS effectiveness of the experimental class and control is 48.7 and 37.2 for Gajah Mada Senior High School, 46.8 and 41.0 for Muhammadiyah for Gajah Mada Senior High School, 44.7 and 39.5 for Al Azhar.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis efektifitas. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D), dengan subjek penelitian siswa kelas X SMA Gajah Mada, SMA Muhammadiyah, dan SMA Al-Azhar Bandar Lampung. Data dikumpulkan dengan angket, tes dan observasi serta dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) bahan ajar dan metode yang digunakan dalam pembelajaran matematika kurang bervariasi, kondisi LKS belum optimal, 93,75% siswa dan guru matematika membutuhkan LKS, 2) proses pengembangan LKS dilakukan dengan analisis kebutuhan yaitu 93,75% guru membutuhkan LKS matematika sebagai bahan belajar siswa yang divalidasi oleh ahli materi, ahli desain, dan ahli media, 3) efektifitas LKS kelas eksperimen dan kontrol sebesar 48,7 dan 37,2 untuk SMA Gajah Mada, 46,8 dan 41,0 untuk SMA Muhamadiyah, 44,7 dan 39,5 untuk SMA Al Azhar

Kata kunci: lembar kerja siswa, problem based learning, trigonometri


Full Text:

PDF

References


Degeng, N.S. 2007. Ilmu Pembelajaran (Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian). Bandung : Arasmedia

Herpratiwi. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Lampung : Universitas Lampung:

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : DIVA Press.

Sugiyono. 2011. Pemanfaatan Buku Teks Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : CV.Remaja Karya

Tabatabai, H. 2009. Pengembangan Lembar Kerja Siswa. http://tartocute.blogspot.com/2009/06/lembar-kerja-siswa.html. (22 Maret 2015).

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Kencana

Widiyanto, Ahlis, M.J. Niam, dan E.Y. Nurcandra. 2008. Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Interaktif Model E-Learning. http://ahliwiwite.files.wordpress.com.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.