PEMANFAATAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN TARI SUMATRA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TARI UNIVERSITAS LAMPUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1). mendeskripsikan implementasi multimedia dalam pembelajaran Tari Sumatra 2). Menganalisis respon mahasiswa terhadap penggunaan multimedia. 3). Mengidentifikasi dampak pemanfaatan multimedia terhadap kompetensi praktik mahasiswa angkatan 2024 Program Studi Pendidikan Tari Universitas Lampung. Penelitian menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan multimedia memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan pemahaman mahasiswa mengenai karakteristik gerak, struktur koreografi, dan teknik dasar Tari Sumatra. Penyajian contoh visual dan auditori melalui video serta musik tradisional berperan dalam meningkatkan ketepatan gerak, akurasi ritme, serta penghayatan terhadap nilai estetis tari. Respon mahasiswa terhadap penggunaan multimedia tergolong sangat positif, yang tercermin dari meningkatnya motivasi, keterlibatan, serta antusiasme mereka dalam mengikuti proses pembelajaran. Selain itu, temuan penelitian mengindikasikan bahwa multimedia turut memperkuat kompetensi praktik mahasiswa, terutama dalam aspek keluwesan, presisi teknik, serta pemahaman konteks budaya tari.
Kata Kunci: Multimedia, Tari Sumatra, Pembelajaran Seni, Pendidikan Tari, Teknologi Digital.
Full Text:
PDFReferences
Anderson, T., & Rivera, J. (2020). Digital learning ecosystems: Transforming education through technology. New York: Routledge.
Andriani, L. (2022). Pengembangan video interaktif untuk meningkatkan keterampilan tari daerah pada mahasiswa. Jurnal Seni dan Pendidikan, 13(2), 101–112.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Astuti, R. (2021). Multimedia interaktif sebagai inovasi pembelajaran seni tari di era digitalisasi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(3), 201–212.
Daryanto. (2020). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Fitriani, M., & Aditya, R. (2021). Digital learning tools in traditional dance education: Opportunities and challenges. Journal of Arts and Technology, 7(1), 55–67.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2016). Instructional Media and the New Technologies of Instruction. New York: John Wiley & Sons.
Hidayat, A., & Siregar, N. (2020). Peran teknologi dalam pelestarian budaya lokal melalui pendidikan seni. Jurnal Humaniora dan Pendidikan, 6(2), 89–100.
Kemendikbud. (2020). Panduan Implementasi Pembelajaran Digital di Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan.
Kusumawati, D. (2020). Penerapan teknologi visual dalam pembelajaran seni budaya di perguruan tinggi. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 5(3), 178–187.
López, M., & Flores, R. (2022). Video-based learning strategies in dance education: Applications and student performance. International Journal of Performing Arts Education, 11(1), 22–39.
Mahendra, T. (2019). Video-based instruction for improving motor skills in dance learning. International Journal of Instructional Media, 14(2), 90–103.
Mayer, R. E. (2021). Multimedia learning: Cognitive theory and instructional principles (3rd ed.). Cambridge University Press.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Prastowo, A. (2020). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Nurhayati, F. (2023). Transformasi pembelajaran tari tradisional melalui platform digital. Jurnal Kajian Seni Nusantara, 11(1), 22–34.
Putri, A., & Wulandari, P. (2022). The role of multimedia applications in enhancing students’ cultural dance competencies. Journal of Creative Education, 9(4), 211–220.
Rahmawati, F., & Widodo, S. (2022). Efektivitas media video dalam pembelajaran seni tari tradisional. Jurnal Kajian Seni dan Pendidikan, 5(2), 66–77.
Rinaldi, B., & Saputra, I. (2020). Mobile learning sebagai sarana pendukung keterampilan tari tradisional. Jurnal Media Pembelajaran, 12(3), 145–158.
Sari, Y. P., & Pramudita, D. (2023). Integrasi teknologi dalam pembelajaran seni tari untuk generasi Z. Jurnal Pendidikan Kreatif, 10(1), 33–45.
Setiawan, D. (2020). Pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran seni di perguruan tinggi. Jurnal Seni dan Pendidikan, 8(2), 123–134.
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2019). Instructional Technology and Media for Learning (12th ed.). Boston: Pearson Education.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Supriadi, D. (2018). Inovasi media pembelajaran tari berbasis video tutorial untuk meningkatkan keterampilan gerak mahasiswa. Jurnal Pendidikan Seni Tari, 7(1), 11–22.
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2021). Implementasi pembelajaran berbasis multimedia interaktif di era digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 45–57.
Susanti, M. (2021). Pembelajaran tari Sumatra melalui media digital pada mahasiswa pendidikan seni. Jurnal Ilmu Pendidikan Seni dan Budaya, 9(2), 144–156.
Warsita, B. (2019). Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wijaya, H. (2024). The role of multimedia in preserving Indonesian traditional dance through digital documentation. Journal of Art and Cultural Studies, 12(1), 44–58.
Yusuf, M. (2019). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Zhu, Y., & Liu, W. (2021). Multimedia approaches in performing arts education: Improving observational and kinesthetic learning. Asia-Pacific Journal of Arts Education, 9(3), 67–82.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Seni dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.