PEMBELAJARAN GERAK TARI DASAR DENGAN METODE PEMBELAJARAN BRAIN DANCE DI SD NEGERI 2 BERINGIN RAYA BANDAR LAMPUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran gerak dasar tari Lampung dengan metode pembelajaran Brain Dance di SD Negeri 2 Beringin Raya Bandar Lampung. Objek penelitian ini adalah pembelajaran gerak dasar tari Lampung dengan metode pembelajaran Brain Dance. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I SD Negeri 2 Beringin Raya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses kegiatan pembelajaran menggunakan metode Brain Dance terdapat 8 pola gerak yang dimodifikasi menyesuaikan gerak dasar tari Lampung yaitu tari Sigeh Penguten, tari Bedana dan tari Nyambai Kipas terdiri dari (Breath) pernafasan dalam ragam gerak Sembah dan Samber Melayang, (Tactile-Touch) sentuhan taktil dalam ragam gerak Lipeto, (Core-Distal) inti-distal dalam ragam gerak Gubugh Gakhang, (Head-Tile) kepala-kaki dalam ragam Khesek Injing, (Upper-Lower) atas-bawah dalam ragam geram mampang kapas, (Body-Halt) tubuh terhenti dalam ragam gerak Ngerujung, (Cross-Literal) melintang silang dalam ragam gerak Ayun, dan (Vestibular) Ruang depan dalam ragam gerak Geleg. Hasil pembelajaran gerak dasar tari Lampung dengan metode pembelajaran Brain Dance peserta didik mendapatkan nilai 75,87 dengan kriteria penilaian pada kategori penilaian baik.
Kata Kunci: metode brain dance, pembelajaran, gerak dasar tari Lampung.
Full Text:
PDFReferences
Jannaty, Z. N. (2018). Pembelajaran Tari Sigeh Penguten Menggunakan Metode Tutor Sebaya Pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Banjar Agung Tulang Bawang (Skripsi). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung.
Margono, 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Masganti Sit, M.Ag. 2017. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta. Prenadamedia Group, 218 hlm.
Ningrum, W, T. 2016 Pembelajaran Gerak Tari Bedana Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa Di Sma Negeri 15 Bandar Lampung. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 328 hlm.
Sutini, A. 2012. Pembelajaran Tari Bagi Anak Usia Dini. https://media.neliti.com/media/publications/240607-pembelajaran-tari-bagi-anak-usia-dini-45ba1e31.pdf. Diakses pada 29 Juli 2024 pukul 22.30 wib.
Yenininghsih. 2018. Pendidikan Seni, Darussalam, Banda Aceh: Syiah Kuala University Press, 207 hlm.
Yulianti, N., dkk. 2022. Pentingnya Penerapan Pembelajaran Seni Tari Dalam Membentuk Mental Siswa di Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 4 No. 3 tahun 2022. 1882 hlm.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Seni dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.