Analisis Faktor Kesulitan Belajar Tari Piring Dua Belas Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Tari Universitas Lampung Angkatan 2021
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi berbagai faktor yang memengaruhi kesulitan belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Tari Universitas Lampung angkatan tahun 2021 dalam mempelajari tari Piring Dua Belas pada mata kuliah Tari Lampung Saibatin. Objek penelitian ini adalah kesulitan belajar tari Piring Dua Belas, yang dikategorikan menjadi dua kelompok, yaitu kesulitan yang disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini melibatkan mahasiswa Program Studi Pendidikan Tari Universitas Lampung angkatan 2021 sebagai subjek yang berjumlah 44 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan wawancara. Kuesioner terdiri dari 50 butir pernyataan yang merujuk pada indikator kesulitan belajar. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dengan melakukan perhitungan rerata (Mean) dan persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar tari Piring Dua Belas pada mahasiswa Prodi Pendidikan Tari Universitas Lampung angkatan 2021, memperoleh nilai rata-rata sebesar 2,5 dan persentase sebesar 63%. Aspek kesulitan belajar paling signifikan berasal dari faktor latar belakang kebudayaan dengan persentase sebesar 82%, dan faktor alat pelajaran dengan persentase sebesar 81% yang dikategorikan sangat tinggi.
Kata Kunci: Faktor Kesulitan Belajar, Mahasiswa, Tari Piring Dua Belas
Full Text:
PDFReferences
Afniola, Salwa, Ruslana, Wiwit Kartika. 2020. Intelegensi dan Bakat Pada Prestasi Siswa. Jurnal al-Din. Vol. 6, No. 1.
Alfath, K. Raharjo, F. 2019. Teknik Pengolahan Hasil Asesmen: Teknik Pengolahan Dengan Menggunakan Pendekatan Acuan Norma (PAN) Dan Pendekatan Acuan Patokan (PAP). AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam. Vol. 8, No. 1.
Amaliati, Ayu, Noor Ellyawati, Vitria Puri Rahayu. 2021. Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Daring Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman. Jurnal FKIP Unmul. Vol. 1, No. 2.
Dwiyanti, Nova, Annastasia Ediati. 2018. Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Dengan Motivasi Belajar Siswa SMA N 1 Batangan. Jurnal Empati. Vol. 7, No. 2.
Farhana, Mardhilla, Aisyah Fitriah, Shinta, dkk. 2023. Pengaruh Tidur Cukup Terhadap Konsolidasi Memori. Journal of Psychology Today. Vol. 1, No. 2.
Fuad, Zaki Al, Zuraini. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas 1 SDN 7 Kute Panang. Jurnal Tunas Bangsa. Vol. 3, No. 2.
Hamid, Abd. 2019. Berbagai Metode Mengajar Bagi Guru Dalam Proses Pembelajaran. AKTUALITA Jurnal Penelitian Sosial dan Keagamaan. Vol. 9, No. 2.
Kusumawati, Ois Dian Tri, Agus Wahyudin, Subagyo. 2017. Pengaruh Pola Asuh, Lingkungan Masyarakat dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kecamatan Bandungan. Journal Unnes. Vol. 6, No. 2.
Makalalag, Dafit, Muhammad Amir, Sri Endang, dkk. 2022. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Studi Mahasiswa Angkatan 2022. Journal of Economic and Business Education. Vol. 1, No. 2.
Mawarni, Elita Endah. 2017. Edukasi Gizi Pentingnya Sarapan Sehat Bagi Anak Sekolah. Jurnal Warta Pengabdian. Vol. 11, No. 4.
Mulyani, D. 2013. Hubungan Kesiapan Belajar Individu dengan Prestasi Belajar. Jurnal Konselor. Vol. 2, No.1.
Mustika, I Wayan. 2019. Teknik Dasar Gerak Tari Lampung. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA).
Pamungkas, Aditya Aldi, Tri Saptuti Susiani, Moh Salimi. 2023. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 2 Kedungmenjangan Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 11, No. 01.
Prasetyo, Yudik. 2014. Kesadaran Masyarakat Berolahraga Untuk Peningkatan Kesehatan dan Pembangunan Nasional. Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga. Vol. 11, No. 1.
Rahmananda, Siti Syabina, Meta Arief, Leni Yulianti. 2024. Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Persepsional pada Mahasiswa Pendidikan Akuntasi UPI). Journal of Finance, Enterpreneurship, and Accounting Education Research. Vol. 3, No. 1.
Rozaini, Noni, Sandra Dwi Anti. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Niagawan. Vol. 6, No. 2.
Sinta, Ike Malaya. 2019. Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Islamic Educational Management. Vol. 4, No. 1.
Slameto. 2018. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suryani, Nunuk. 2014. Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal UNY. Vol. 1, No. 2.
Vitasari, Wulan. 2021. Komunikasi Guru dengan Siswa Membangun Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Unri. Vol. 1, No. 1.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Seni dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.